Glotak Kuliner Khas Tegal, Sensasi Gurih Yang Menggugah Selera

Glotak Kuliner Khas Tegal, Sensasi Gurih Yang Menggugah Selera

KULINER- Glotak Khas Kota Bahari--

radartegal.id- Glotak merupkan makanan khas Tegal yang mempunyai rasa unik dan gurih saat memakannya. Bagi para pecinta kuliner jika berada di Kota Bahari ini wajib untuk mencobai makanan Glotak ini. Glotak ini salah satu makanan yang dapat ditemui di Pasar Pagi Tegal.

Glotak sendiri mempunyai harga yang relatif murah dengan harga mulai dari Rp.5.000 sudah dapat menikmati kuliner khas Tegal yang gurih dan nikmat. Dengan menggunakan bahan gembus atau ampas kedelai dan dimasak dengan bumbu pedas dan menggunakan tulang ayam atau sapi.

Berikut ulasan mengenai Glotak merupakan salah satu makanan khas Tegal, harap simak baik-baik artikel berikut ini hingga tuntas agar dapat melihat informasi selanjutnya.

Asal muasal Glotak

Glotak ini mempunyai asal muasal, dengan nama Glotak yang berawal dari suara masak dan mengaduk, bunyi ini di temukan saat mengaduk yang berbunyi “glotak-glotak” sejak saat itulah dinamakan Glotak khas Tegal.

BACA JUGA: Mencicipi Glotak Khas Tegal yang Unik dan Lezat, Konon Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan Belanda

BACA JUGA: Kenapa Kuliner Khas Tegal Ini Bernama Glotak? Begini Sejarahnya

Bahan yang digunakan untuk membuat Glotak khas Tegal

Menggunakan 300gr Gembus, Sereh, Tulang sapi atau ayam, Daun salam, Lengkuas, 8 Cabe ijo,10 Cabe Rawit, Garam, Air, Kaldu bubuk dan minyak. Dengan menggunakan bumbu halus yang menggunakan bahan bawang merak sebanyak 8 siung, 5 siung bawang putih, 3 buah kemiri, 1 sendok teh ketumbar, 1 ruas kunyit, 1 ruas jahe, dan 7 buah cabe rawit.

Cara memasak

Pertama siapkan bahan semua yang sudah ada, kemudian rebus tulang ayam atau sapi sampai empuk. Dapat menggunakan ceker ayam atau bagian yang lainnya sesuai selera.

Lalu kukus gembus dan haluskan, kemudian haluskan bumbu yang sudah ada. Panaskan minyak goreng dan tumis bumbu hingga harum, setelah wangi masukkann cabai dan kaldu bubuk yang di haluskan.

Setelah harum masukkan gembus ke dalam wajan agar tercampur dengan bumbu yang ada, dan masukan air hingga mendidih. Masukan tulang sapi, ceker, ataupun tulang ayam.

BACA JUGA: Wajib Dicoba saat ke Kota Bahari, Ini 12 Kuliner Tradisional Khas yang Hanya Ada di Tegal

Sumber: