Kenapa Kuliner Khas Tegal Ini Bernama Glotak? Begini Sejarahnya

Kenapa Kuliner Khas Tegal Ini Bernama Glotak? Begini Sejarahnya

Ilustrasi: -infogalawi-

TEGAL, radartegal.disway.id - Jika kalian berkunjung ke Kota Tegal, jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang bernama Glotak.

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui kuliner ini, karena pada dasarnya Kota Tegal dikenal adanya Warteg (Warung Tegal) yang ada hampir di seluruh Indonesia.

Namun, Glotak adalah sajian yang tidak boleh kita lewatkan jika kalian ingin merasakan cita rasa kuliner khas Tegal.

Bahan Utama dan Cara Pembuatan

Glotak khas Tegal merupakan makanan yang dibuat menggunakan bahan gembus atau ampas kedelai, kemudian dimasak dengan berbagai bumbu pedas serta kaldu yang berasal dari tulang ayam atau tulang sapi.

Proses pembuatannya diawali dengan menumis beberapa bahan bumbu dapur seperti lengkuas, sereh, bawang merah, dan daun salam hingga harum.

Selanjutnya, campurkan lagi dengan hasil bumbu yang sudah kita tumbuk, terdiri dari cabai merah, kemiri, dan bawang merah.

Kombinasi rempah-rempah dalam pembuatan Glotak ini memberikan cita rasa pedas dan rempah yang khas.

BACA JUGA:Warga Tegal Harus Bangga! Ternyata Pemilik RS Mitra Keluarga Orang Tegal

Asal Nama "Glotak"

Nama Glotak berawal dari suara saat memasak dan mengaduk. Saat mengaduk makanan ini dalam panci dengan tulang ayam, terdengar bunyi khas yang berbunyi "glotak-glotak". Sejak itulah makanan ini kita kenal dengan nama Glotak Tegal.

Cara Menikmati Glotak

Glotak dapat kita nikmati dengan kerupuk khas Tegal yang memiliki ciri khas warna-warni. Kalian dapat menemukan makanan ini di pasar tradisional daerah Kota Tegal, serta dijual di pinggir jalan.

Salah satu penjual Glotak yang legendaris adalah warung Glotak Yi Iyah, yang telah berjualan selama lebih dari satu dekade.

Warung ini terletak di Jalan Hang Tuah, Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, dan buka mulai jam 16.00 hingga habis.

Alternatif Penyajian Glotak

Glotak tidak hanya cocok disantap sebagai makan malam, tetapi juga bisa menjadi sarapan pagi. Bahkan, beberapa orang menyantapnya dengan mencampurkan Glotak ke dalam bubur. Rasanya yang pedas dan lezat akan membangkitkan selera makan kalian.

Harga yang Terjangkau

Kuliner Khas Harga Glotak sangat terjangkau bagi siapa pun yang ingin mencicipi hidangan khas Tegal ini. Satu porsi Glotak dihargai sekitar Rp3000, dan jika ingin menikmatinya dengan bubur, harganya sekitar Rp5000.

Dengan harga yang ekonomis, kalian bisa merasakan kenikmatan kuliner daerah yang lezat dan menarik ini tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

BACA JUGA:Kisah Sejarah Unik Perkembangan Awal dan Pendirian Terminal Tegal

Kesimpulan

Glotak adalah kuliner khas Kota Tegal yang patut kalian coba saat berkunjung ke sana. Dengan citarasa pedas dan rempah yang khas, makanan ini akan menggoyang lidah kalian.

Nikmati Glotak dengan kerupuk khas Tegal atau campurkan dalam bubur untuk sensasi berbeda. Jangan lupa untuk mencicipi kuliner yang legendaris di warung Glotak Yi Iyah.

Demikian informasi tentang makanan khas Tegal ‘Glotak’. Temukan banyak informasi makanan khas Tegal lainnya hanya di radartegal.disway.id. Semoga bermanfaat.(*)

Sumber: