Sejarah Kacang Bogares Khas Tegal yang Enak dan Gurih, Wajib Dibeli Saat Pulang Kampung

Sejarah Kacang Bogares Khas Tegal yang Enak dan Gurih, Wajib Dibeli Saat Pulang Kampung

sejarah kacang bogares khas tegal--

TEGAL, radartegal.id - Mari kita intip sejarah kacang bogares khas Tegal yang menjadi primadona cemilan untuk dibawa saat perantuan. Oleh-oleh ini banyak diburu bagi wisatawan pecinta makanan ringan ini.

Karena siapapun yang berkunjung di Tegal, biasanya akan langsung mencari cemilan yang terkenal yaitu kacang bogares. Camilan ini ternyata punya sejarah, selain dari rasa kacang yang gurih dan murah.

Sejarah kacang bogares khas Tegal memiliki harga murah, tak heran camilan ini banyak diburu orang. Untuk mendapatkannya cukup mudah ditemukan di kawasan asalnya yaitu desa Bogares.

Sentra kuliner desa Bogares menjadi melejit karena camilan kacangnya menjadi khas dari Tegal ini. Begitupun dengan sejarahnya, perlu kita telusuri bersama. Simak sampai selesai ya.

BACA JUGA: Sejarah Nasi Ponggol Tegal, Pan Tuku Pirang Pincuk Mas?

BACA JUGA: Sejarah Patung GBN Lebaksiu di Tegal yang Dibuat Tahun 1980, Pengingat Kisah Heroik Penumpasan Gerakan DI/TII

Sejarah kacang bogares khas Tegal

Sesuai namanya, sejarah kacang bogares merupakan nama salah satu Desa yang ada di Kecamatan Pangkah Kabupaten Tegal yaitu Desa Bogares Kidul.

Di daerah tersebut, sebagian warganya memiliki usaha toko oleh-oleh yang menjual beragam jenis jajanan dan satu yang menjadi ikon yaitu kacang bogares. Kini industri kacang bogares menjadi salah satu sumber penghasilan utama masyarakat Bogares Kidul.

Asal usul sejarah kacang bogares khas Tegal tidak bisa terpisahkan dari budaya kota ini. Camilan ini telah ada sejak zaman dahulu dan menjadi bagian penting dari tradisi masyarakat Tegal.

Para penjual kacang bogares tradisional biasanya berkeliling di pasar-pasar tradisional dan pinggiran kota dengan membawa gerobak kecil yang berisi kacang bogares hangat.

BACA JUGA: Sejarah Desa Semedo di Tegal, Bukti Peradaban Zaman Purba Ada di Indonesia

BACA JUGA: Selain Penghasil Shuttlecock, Sejarah Desa Lawatan di Tegal Ternyata Punya Hubungan dengan Kerajaan Demak

Sumber: