Layanan Elektronik di 29 Kantor Pertanahan Diluncurkan AHY, Nana Sudjana: Ini Mempermudah

Layanan Elektronik di 29 Kantor Pertanahan Diluncurkan AHY, Nana Sudjana: Ini Mempermudah

PELUNCURAN- Peluncuran layanan elektronik di Kantor Pertanahan itu dilakukan bersamaan dengan penyerahan sertifikat tanah elektronik itu dilaksanakan di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang.-Istimewa-Radartegal.disway.id

SEMARANG, radartegal.id – Layanan elektronik di 29 Kantor Pertanahan se-Provinsi Jawa Tengah diluncurkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/BPN) itu meluncurkan implementasi sertifikat tanah secara elektronik didampingi Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana pada Jumat, 12 Juli 2024. 

Peluncuran layanan elektronik di Kantor Pertanahan itu dilakukan bersamaan dengan penyerahan sertifikat tanah elektronik itu dilaksanakan di Gedung Gradhika Bakti Praja Semarang.

"Yang jelas ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Ini akan mempermudah masyarakat untuk pengurusan sertifikasi tanah,” kata Nana.

Di era saat ini, lanjut Nana, sudah saatnya Kementerian ATR/BPN menerapkan layanan pertanahan berbasis elektronik. Dengan begitu, kualitas pelayanan publik di bidang pertanahan diharapkan semakin baik, dan meningkatkan kepercayaan masyarakat.

BACA JUGA: Kantor Pertanahan Brebes Salurkan 550 Sertipikat Tanah

BACA JUGA: 100 Hari Kerja, Menteri AHY Tekankan Transparansi dan Akuntabilitas Institusi Pemerintah

Dengan peluncuran ini, maka 35 kantor pertanahan di Jawa Tengah sudah menerapkan layanan pertanahan berbasis elektronik. Nana mengaku, mendukung akselerasi layanan pertanahan berbasis elektronik ini. 

Harapannya, hal itu mampu memudahkan masyarakat dalam mengurus sertipikat tanah. Menurutnya, dengan pengurusan mudah dan cepat, mampu meminimalisir risiko penyimpangan dan pungli. 

Sertifikat elektronik itu juga menghindari risiko kehilangan, pemalsuan, dan bencana. Menurut Nana, realisasi Sertipikat Hak Atas Tanah Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (SHAT PTSL) di Jawa Tengah pada tahun 2023 mencapai  775.648 bidang tanah. Di 2024 ini, sudah  91.023 bidang tanah.

Sementara itu, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono menyampaikan, dengan diluncurkannya implementasi layanan elektronik di 29 kantor pertanahan, maka seluruh Kantor Pertanahan di Jateng sudah memberikan layanan berbasis elektronik. 

BACA JUGA: Karena Komitmennya, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana Raih Anugerah Dharma Karya Kencana

BACA JUGA: 4000 Peserta Berebut Ratusan Medali Popda Jateng 2024, Nana Sudjana: Kami Bagi 2 Tahap

Sumber: