Anggota DPRD Brebes Minta Angka Harapan Hidup Harus Digalakan

Anggota DPRD Brebes Minta Angka Harapan Hidup Harus Digalakan

Warga saat memeriksakan kesehatan di Posbindu.(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Anggota DPRD Kabupaten Brebes Abdullah Syafaat meminta Pemerintah Daerah (Pemda) setempat untuk terus menggalakan Angka Harapan Hidup (AHH) kepada masyarakat. Salah satunya menggerakan sadar sehat lewat pemeriksaan kesehatan di Pos Binaan Terpadu (Posbindu).

 

"Di Posbindu ini melayani masyarakat dari usia  14 tahun hinngga lansia. Mereka dapat mengecek kesehatannya di Posbindu," ungkapnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telpon genggamnya, Kamis 11 Juli 2024.

 

Menurutnya, lewas posbindu ini warga dapat mengecek kesehatannya. Sebab, di posbindu ini merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Brebes secara sistematis agar mwngueangi penyakit di masyarakat.

 

 

"Khususnya penyakit degeneratif di masyarakat yang semakin ke sini semakin banyak," terangnya.

 

BACA JUGA: RDTR Perkotaan Disusun, Anggota DPRD Brebes Ingatkan Harus Punya Nilai Efektif dan Pemanfaatannya

 

BACA JUGA: Anggota DPRD Brebes Minta Pembangunan Jalan Jaga Mutu dan Kualitas

 

Karenanya, dia berharap Pemkab Brebes melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat untuk memaksimalkan program dalam meningkatkan AHH. Anggota DPRD dari Fraksi PKS ini juga mengajak warga untuk memanfaatkan layanan kesehatan tersebut.

 

"Tentunya posyandu ataupun posbindu ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam menjaga kesehatannya," tukasnya.

 

Seperti diketahui, semakin tinggi harapan hidupnya, maka peluang seseorang untuk berumur panjang akan semakin baik. Usia harapan hidup juga menjadi tolok ukur seberapa baik taraf kesehatan yang dimiliki oleh warga negara, dan berujung pada tingkat kesejahteraannya.


Untuk itu, dia meminta kepada dinas atau instansi terkait untuk terua memaksimalkan layanan kesehatan di Brebes. Terutama dalam meningkatkan AHH di Kabupaten Brebes.

 

Dalam kesempatan ini, Syafaat juga menerangkan bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan AHH di Kabupaten Brebes. Seperti, peningkatan gizi ataupun pola hidup yang sehat.

 

"Untuk itu, dinas terkait harus terus menggalakan pola hidup sehat ke masyarakat luas," terangnya.

 

Dia menerangkan, kalau pola hidup sehat dapat dilakukan oleh masyarakat luas. Seperti, tidak Buang Air Besar Sembarangan. Kemudian, rajin berolahraga.

 

"Kepada masyarakat, kami mengajak untuk tetap menjaga pola hidup sehat agar AHH bisa meningkat," tukasnya.

Sumber: