Sidang Senat Dies Natalis ke-22, Poltek Harber Perkuat Kolaborasi

Sidang Senat Dies Natalis ke-22, Poltek Harber Perkuat Kolaborasi

--

TEGAL, radartegal.id - Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) menggelar Sidang Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis ke-22 yang berlangsung di Aula Poltek Harber pada Senin, 8 Juli 2024.

Pada Dies Natalis ke-22 tahun ini, Poltek Harber mengangkat tema “Maju Bersama dalam Harmoni dan Kolaborasi”.

Ketua Senat Heru Nurcahyo berkesempatan membuka Sidang Terbuka yang dihadiri oleh Sudirman Said selaku Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Harapan Bersama.

BACA JUGA: Daftar Yuk! 11 Prodi Poltek Harber Tawarkan Beragam Beasiswa, Kuliah Dekat Biaya Hemat

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Pengurus Yayasan, Dewan Pengawas Yayasan, Direktur dan Jajaran Wakil Direktur, segenap Ketua Program Studi, Kepala Bagian dan seluruh sivitas akademika Poltek Harber.

Direktur Poltek Harber Agung Hendarto dalam laporan pendidikannya menyampaikan, diusia ke-22 ini Politeknik Harapan Bersama sedang menjalankan pengembangan diantaranya memperkuat manajemen kampus dengan sistem informasi dan penguatan kurikulum Project Based Learning (PBL) yang sesuai dengan dunia industri.

“Poltek Harber juga berusaha mewujudkan Penelitian Unggulan Institusi yang dapat dihilirisasi menjadi produk atau layanan yang memiliki nilai tambah, membangun Teaching Factory sebagai upaya aktualisasi The True Vocational Campus, serta meningkatkan kompetensi mahasiswa baik hard skills maupun soft skills sesuai bidang studi untuk meningkatkan serapan lulusan di industri kerja,”ungkap Agung.

BACA JUGA: Makin Berkualitas, Poltek Harber Jadi Politeknik Swasta Terbaik Versi Webometrics 2024

“Ke depan akan semakin banyak tantangan, dinamika perubahan teknologi dan industri, dinamika kebijakan, dinamika ekonomi dan lapangan kerja, mengharuskan kita untuk selalu bisa menyesuaikan perubahan,” tambah Agung.

Sementara itu, Sudirman Said menyampaikan rasa bangga atas segala capaian Poltek Harber. Lembaga ini menjadi tempatnya orang terlatih, karena dengan latihan secara terus menerus maka prestasi akan mudah diraih.

“Bukan hebat atau tidak hebat, namun terlatih atau tidak terlatih. Meskipun tekanan global begitu berat, tapi kita punya ruang tumbuh yang lebih baik. Tantangan kita adalah bagaimana menghasilkan lulusan yang mampu bersaing,” kata Sudirman.

BACA JUGA: Mantap Jiwa! Mahasiswa Poltek Harber Borong Juara Krenova Kota Tegal

Pada kesempatan ini, orator ilmiah Yeni Priatnasari menyampaikan, untuk mewujudkan Indonesia Emas, Indonesia yang maju, sejahtera dan sejajar dengan negara lain di tahun 2045, sudah waktunya sinergi dan kolaborasi antara bidang studi apapun dengan teknologi. Hal ini adalah kunci untuk meraih keberlanjutan dalam dunia bisnis modern.

“Karena pada hakekatnya hubungan antara manusia dan teknologi adalah hubungan simbiotik dimana teknologi memperluas kapabilitas manusia, sementara manusia memandu perkembangan dan penggunaan teknologi,”kata Yeni.

Ia menambahkan, kedua elemen ini saling bergantung dan terus beradaptasi untuk menciptakan keseimbangan yang dinamis dan berkelanjutan. Kolaborasi di semua bidang diperlukan, akuntansi harus memulai kolaborasi atau jika tidak, akan tertinggal dari kompetisi global.

Pada kesempatan yang sama, Ginanjar Wiro Sasmito selaku Wakil Direktur Bidang Humas dan Kerja Sama menambahkan pada perayaan Dies Natalis ke-22 ini, Poltek Harber memberikan kado spesial bagi calon mahasiswa baru yaitu potongan 22% biaya SPI atau uang gedung  bagi calon mahasiswa baru yang melakukan registrasi di bulan Juli. (*)

Sumber: