Makin Berkualitas, Poltek Harber Jadi Politeknik Swasta Terbaik Versi Webometrics 2024

Makin Berkualitas, Poltek Harber Jadi Politeknik Swasta Terbaik Versi Webometrics 2024

Politeknik Harapan Bersama berhasil meraih predikat sebagai politeknik swasta terbaik versi Webometrics.--

RADAR TEGAL - Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berhasil menduduki peringkat pertama Politeknik Swasta terbaik di Indonesia tahun 2024. Hal itu menurut lembaga pemeringkatan perguruan tinggi Webometrics.

Poltek Harber juga menjadi satu-satunya politeknik swasta yang masuk 10 besar politeknik terbaik negeri dan swasta se-Indonesia versi Webometrics tahun 2024.

Di tahun 2024 ini sebanyak 3.567 kampus di Indonesia masuk dalam pemeringkatan Webometrics 10. Di antaranya merupakan politeknik terbaik di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang memiliki ranking tertinggi di Indonesia.

Direktur Poltek Harber Agung Hendarto mengatakan, metode pemeringkatan yang dikembangkan Webometrics menjadi bahan penting untuk mengkaji seberapa berdampak kehadiran Politeknik Harapan Bersama di Indonesia.

“Berada di peringkat pertama ini tidak lepas dari kerja keras semua sivitas akademia serta dukungan dan bimbingan pengurus Yayasan Pendidikan Harapan Bersama,” ungkap Agung.

BACA JUGA: Mantap Jiwa! Mahasiswa Poltek Harber Borong Juara Krenova Kota Tegal

“Kepada seluruh masyarakat yang sudah percaya kepada Poltek Harber, Pemerintah Daerah, dan mitra kerja baik pemerintah maupun swasta yang telah mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Poltek Harber, kami ucapkan terima kasih,” lanjut Agung saat dikonfirmasi, Senin 6 Mei 2024.

Menurutnya, keberhasilan ini semoga menjadi vitamin bagi semua supaya lebih meningkatkan kinerja, sehingga mampu meraih prestasi lebih banyak lagi.

Harapan kami prestasi ini semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Poltek Harber. Dari pada kuliah di luar kota, di Tegal saat ini tersedia kampus yg berkualitas dan bereputasi internasional yaitu Poltek Harber,” tutur Agung.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Humas dan Kerjasama Ginanjar Wiro Sasmito menuturkan, pemeringkatan Webometrics ini merupakan pemeringkatan kampus yang kredibel dan dapat dipakai sebagai acuan.

“Kami berharap  masyarakat Indonesia khususnya Jawa Tengah bisa menilai dan tidak meragukan posisi Poltek Harber yang memang terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas dalam mengembangkan pendidikan vokasi, dengan mencetak lulusan yang kompeten agar mampu bersaing di kancah global,” kata Ginanjar.

BACA JUGA: Inovasi Mahasiswa Poltek Harber Tegal Ciptakan Perahu Penyiram Bawang Merah Berbasis Android

Sebagai informasi, Webometrics melakukan pemeringkatan dengan tiga indikator penilaian yaitu visibility yang menilai web content impact, yaitu dampak dari informasi yang dipublikasikan pada website perguruan tinggi. Visibility memiliki bobot 50 persen.

Selanjutnya ada openness yaitu menilai jumlah sitasi dengan menggunakan data yang bersumber dari Google Scholar Profiles, indikator ini memiliki bobot 10 persen.

Terakhir excellence yang menilai banyaknya karya tulis yang disitasi dengan menggunakan data yang bersumber dari Scimago. Bobot excellence sebesar 40 persen.

Adapun peringkat 10 politeknik terbaik di Indonesia saat ini yaitu Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Politeknik Pertanian Negeri Kupang, Politeknik Negeri Lhokseumawe, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Tanah Laut, Politeknik Negeri Banjarmasin, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Negeri Manado, Politeknik Harapan Bersama, dan Politeknik Negeri Malang. (*)

Sumber: