Selain Awasi Tahapan Pemilu Serentak di Tegal, Panwascam Diminta Eksis di Medsos

Selain Awasi Tahapan Pemilu Serentak di Tegal, Panwascam Diminta Eksis di Medsos

Peningkatan kapasitas Panwascam untuk pengawasan Pemilu Serentak di Tegal--

TEGAL, radartegal.id - Selain mengawasi tahapan Pemilu Serentak 2024, anggota panitia pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kota Tegal diminta untuk eksis di media sosial. Tujuannya, agar masyarakat semakin mengerti kinerja Bawaslu.

Itu, disampaikan Komisioner Bawaslu Kota Tegal Nur Aliah Saparida saat memberikan sambutan dalam kegiatan peningkatan kapasitas Panwascam, Jumat 28 Juni 2024. Kegiatan yang diikuti Panwascam dan Sekretariat itu mengambil tema penulisan berita dan pembuatan video pendek.

Menurut Aliah, kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat yang diikuti Komisioner beberapa waktu yang lalu. Harapannya, semua personel Panwascam dapat membuat berita dan video pendek dengan baik untuk kemudian diunggah di media sosial masing-masing.

"Publikasi ini tidak hanya menjadi tugas kehumasan saja. Sehingga, setelah hari ini, diharapkan semua personel dapat memposting kegiatan yang dilaksanakan Bawaslu Kota Tegal," katanya.

BACA JUGA: Diminta Jaga Integritas dan Netralitas, Bawaslu Provinsi Jateng: Panwaskel di Tegal Jangan 'Masuk Angin'

BACA JUGA: Masuk Masa Tenang Pemilu 2024, Bawaslu dan Petugas Gabungan Beredel APK di Tegal

Aliah menegaskan pihaknya menekankan agar ada unggahan di media sosial terkait kegiatan pengawasan Pemilu. Sehingga, harapannya masyarakat dapat mengetahui kegiatan Bawaslu selama tahapan Pilkada berlangsung.

"Nanti untuk teman-teman humas ada program konten seminggu sekali. Sehingga nanti harapannya banyak orang yang tahu terkait medsos kita," kata Nur Aliah.

Ketua Bawaslu Kota Tegal Fauzan Hamid saat membuka kegiatan mengatakan penguatan kapasitas pada pagi itu adalah terkait dengan kehumasan dan pembuatan video pendek. Itu, penting bagi semua SDM lembaga yang ada di Panwascam. 

"Sebab, dengan adanya pemberitaan terkait Bawaslu, maka masyarakat juga semakin paham tugas Bawaslu. Sekaligus, mengingatkan mereka akan tahapan Pemilu yang sedang berlangsung," terangnya.

BACA JUGA: Tak Mau Terjadi PSU di Tegal, Bawaslu Undang Stakeholder Hingga Peserta Pemilu 2024

BACA JUGA: PWI, KPU dan Bawaslu Kota Tegal Kompak Ajak Masyarakat Tak Ikut Golput dalam Pemilu 2024

Fauzan menambahkan, pihaknya berharap setelah kegiatan tersebut personel di Panwascam dapat mengimplementasikan apa yang diperoleh dalam peningkatan kapasitas. Sehingga, semakin banyak berita positif terkait Bawaslu.

Sementara itu, dalam kegiatan peningkatan kapasitas tersebut, Bawaslu mengahdirkan narasumber yang cukup kompeten. Di antaranya Teguh M dari radartegal.disway.id dan satu narasumber dari penggiat media sosial. 

Sumber: