5 Risiko Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah yang Mengintai Debitur, Mudah Tidak Selamanya Aman

5 Risiko Pinjol Tanpa Verifikasi Wajah yang Mengintai Debitur, Mudah Tidak Selamanya Aman

5 risiko pinjol tanpa verifikasi wajah-freepik-

BACA JUGA : Perbandingan Risiko Galbay Bank dan Pinjol, Mana Lebih Berisiko untuk Debitur?

Oknum yang tidak bertanggung jawab bisa menggunakan informasi palsu untuk mengakses pinjaman dengan nama orang lain. Hal ini sudah termasuk tindakan kriminal yang harus segera ditindaklanjuti.

3. Bunga Tinggi dan Biaya Tersembunyi 

Hal yang terjadi jika gunakan pinjol tanpa verifikasi wajah berikutnya juga bisa berdampak pada bunga yang diterapkan. Misalnya bunga yang tinggi dan adanya biaya tersembunyi yang tidak transparan.

Tanpa adanya proses verifikasi yang tepat, Anda mungkin tidak sadar akan total biaya yang sebenarnya. Hal ini akan membebankan Anda dan sulit untuk mengatasi siklus hutang yang berkepanjangan.

4. Penagihan Hutang yang Agresif 

Risiko pinjol tanpa verifikasi wajah selanjutnya yaitu adanya penagihan hutang yang agresif. Terutama jika Anda membayar cicilan tidak tepat waktu sesuai kesepakatan, maka pihak pinjol bisa saja menerapkan cara penagihan yang kurang etis.

BACA JUGA : 9 Cara agar Data Tidak Disalahgunakan Pinjol, Tingkatkan Keamanannya dengan Hal-hal Ini

5. Masalah Hukum 

Dampak buruk gunakan pinjol tanpa verifikasi wajah yaitu bisa saja terlibat masalah hukum. Pinjol ilegal atau yang belum resmi terdaftar di OJK bisa menimbulkan masalah hukum bagi debitur, terutama jika terjadi perselisihan atau masalah pembayaran.

Tips terhindar dari pinjol ilegal

Untuk meminimalisir terjadinya hal-hal tersebut, pastikan Anda memeriksa layanan pinjol terkait apakah sudah terdaftar di OJK atau belum. Anda bisa cek lewat situs OJK atau email maupun WhatsApp mereka 081157157157.

Perhatikan dengan baik syarat dan ketentuan dengan cermat sebelum mengajukan pinjaman, terutama pastikan Anda memahami semua biaya yang terkait. Tidak ada salahnya jika pinjam di layanan yang menerapkan verifikasi identitas agar lebih aman.

Utamanya dari risiko-risiko penyalahgunaan data dan penipuan identitas. Asal selama Anda melakukan verifikasi ini di pinjaman online resmi.

BACA JUGA : 4 Penyebab Pengajuan Pinjol Selalu Ditolak Berikut Tips Lengkap Agar Langsung ACC

Sumber: