Perbandingan Risiko Galbay Bank dan Pinjol, Mana Lebih Berisiko untuk Debitur?

Perbandingan Risiko Galbay Bank dan Pinjol, Mana Lebih Berisiko untuk Debitur?

Perbandingan risiko galbay bank dan pinjol-freepik-

Radartegal.id – Artikel ini mengulas sejumlah perbandingan risiko galbay bank dan pinjol yang harus diketahui debitur. Kedua layanan ini sama-sama merupakan sumber kebanyakan orang untuk mendapatkan pinjaman.

Perbandingan risiko galbay bank dan pinjol ini diukur dari berbagai hal agar bisa jadi pertimbangan debitur. Sebenarnya, secara keseluruhan tiap layanan pinjaman uang pastinya memiliki risiko tertentu jika telat atau gagal bayar.

Baik galbay bank dan pinjol sekalipun keduanya memiliki perbandingan risiko yang tidak begitu jauh. Tentunya bisa sangat mempengaruhi kesehatan finansial seseorang secara keseluruhan.

Berikut ini sejumlah perbandingan risiko galbay bank dan pinjol yang bisa Anda tahu. Mulai dari tinggi bunganya sampai adanya praktik penagihan utang yang agresif.

BACA JUGA: 9 Cara agar Data Tidak Disalahgunakan Pinjol, Tingkatkan Keamanannya dengan Hal-hal Ini

BACA JUGA: Bukan Easycash Ataupun Kredivo Tapi Pinjol Bunga Rendah Ini yang Sudah Dipercaya Puluhan Juta Warga RI

Perbandingan risiko galbay bank dan pinjol

Baik meminjam uang di bank maupun perusahaan pinjaman online sama-sama memiliki risiko tersendiri. Namun, keduanya memiliki risiko berbeda-beda tergantung pada situasi dan kebutuhan masing-masing. 

1. Bank

- Bunga Tinggi 

Terkadang bank menawarkan suku bunga yang tinggi terutama untuk produk pinjaman tanpa jaminan (personal loan), khusus bagi debitur yang tidak memiliki jaminan. Hal ini bisa membuat biaya pinjaman menjadi tinggi dibanding yang menyertakan jaminan.

- Persyaratan Ketat 

Perbandingan pinjam uang di bank untuk syaratnya masih tergolong lebih rumit dibanding pinjol. Bank menerapkan persyaratan ketat untuk persetujuan pinjaman, termasuk penilaian kredit yang ketat dan proses yang bisa memakan waktu lama.

Sumber: