9 Cara agar Data Tidak Disalahgunakan Pinjol, Tingkatkan Keamanannya dengan Hal-hal Ini

9 Cara agar Data Tidak Disalahgunakan Pinjol, Tingkatkan Keamanannya dengan Hal-hal Ini

9 cara agar data tidak disalahgunakan oleh pinjol-freepik-

radartegal.id – Debitur bisa ikuti beberapa cara ini agar data tidak disalahgunakan pinjol maupun adanya kemungkinan penyebaran tanpa izin. Cara ini juga sekaligus untuk meningkatkan keamanan informasi pribadi Anda.

Cara agar data tidak disalahgunakan pinjol ini mudah bisa Anda lakukan sendiri. Sekalipun Anda merupakan pengguna awam, cara-cara ini cukup mudah untuk dipahami.

Salah satu cara agar data tidak disalahgunakan pinjol yaitu gunakan layanan yang sudah legal OJK. Sebab, pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK lebih aman digunakan dan memiliki regulasi ketat sesuai yang ditetapkan pemerintah.

Untuk selengkapnya di bawah 9 cara agar data tidak disalahgunakan oleh pinjol. Mulai dari pahami kebijakan yang ditetapkan, sampai menggunakan keamanan tambahan.

BACA JUGA: Kekurangan Pinjam Modal Usaha dengan Pinjol, Para Pelaku Bisnis Wajib Tahu Hal-hal Ini

9 cara agar data tidak disalahgunakan oleh pinjol

Beberapa cara di bawah ini demi mengamankan data diri pinjol agar tidak disebarluaskan, maupun ada penyalahgunaan. Berikut diantaranya.

1. Periksa Kebijakan Privasi 

Pastikan Anda memahami kebijakan privasi dari setiap pinjol tempat Anda mengajukan pinjaman. Carilah informasi tentang bagaimana mereka mengelola dan melindungi data pribadi para debiturnya.

2. Gunakan Platform Terpecaya 

Cara agar data tidak disalahgunakan pinjol dengan menggunakan platform terpecaya. Selain itu gunakan layanan yang memiliki reputasi baik dalam perlindungan data pelanggan.

Anda bisa cek ulasan atau pendapat orang lain mengenai pengalaman mereka dengan pinjol tersebut. Jika ada banyak pendapat buruk, pertimbangkan lagi untuk mencari layanan yang lain.

BACA JUGA: 7 Cara Lepas dari Jeratan Pinjol untuk Pemula atau yang Terlanjur Galbay, Dijamin Aman dan Legal

Sumber: