Gak Perlu ke Bengkel! Ini 7 Tips Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Gak Perlu ke Bengkel! Ini 7 Tips Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

--

radartegal.id - Beberapa tips mengatasi mesin motor yang mudah panas yaitu tentunya dengan perawatan yang rutin. Perawatan rutin pada sepeda motor tentu menjadi hal yang sangat perlu dilakukan untuk menjaga performa mesin agar tetap dalam kondisi prima. 

Perawatan dilakukan secara rutin pada sepeda motor tentunya juga akan mencegah terjadinya berbagai kerusakan. Contohnya kendala mesin yang cepat panas atau overheat yang tak jarang melanda pada beberapa pengguna sepeda motor. 

Oleh karena itu, sebaiknya Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor harus memahami tips mengatasi mesin motor yang cepat panas sebagai tindakan untuk perbaikan kondisi mesin motor yang sering mengalami overheat.

Metode sederhana seperti mematikan mesin memang bisa memberikan keringanan sesaat. Namun, tidak menyelesaikan masalah secara menyeluruh. Berikut tips mengatasi mesin motor cepat panas, simak sampai selesai ya.

BACA JUGA: Mudah Dilakukan! Tips Menghemat BBM Mobil Matic Agar Tidak Boros saat Perjalanan Jauh

BACA JUGA: 5 Kebiasaan Buruk Pengguna Keyless pada Motor, Bisa Kemalingan dan Aki Tekor

Tips mengatasi mesin motor cepat panas

1. Cari tahu penyebabnya

Langkah pertama dalam mengatasi masalah overheat adalah mengidentifikasi penyebabnya. Apakah itu karena kurangnya pelumasan, sistem pendingin yang tidak efisien, atau masalah lainnya, servis mesin dapat membantu mengatasi setiap isu yang mungkin muncul.

2. Perhatikan SAE

SAE, atau Society of Automotive Engineers, sering diidentifikasi sebagai standar viskositas oli. Namun, makna SAE sebenarnya lebih terfokus pada standar kemampuan pelumas untuk menjaga konsistensi viskositasnya terhadap suhu mesin atau lingkungan sekitar.

3. Perbaikan Piston dan Ring Piston

Mesin mengalami overheat karena penanganan masalah piston yang tidak lancar, apabila piston mengalami kendala, entah karena adanya kerak atau masalah lain, masih ada langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya. Jika masalahnya belum terlalu parah, kita dapat melakukan tindakan pembersihan. 

Sumber: