5 Kebiasaan Buruk Pengguna Keyless pada Motor, Bisa Kemalingan dan Aki Tekor

5 Kebiasaan Buruk Pengguna Keyless pada Motor, Bisa Kemalingan dan Aki Tekor

KUNCI - Kebiasaan buruk dalam menggunakan remote keyless pada motor dapat menyebabkan aki tekor dan masalah lainnya.-(Foto: Istimewa)-

radartegal.id - Apa kebiasaan buruk pengguna keyless pada motor? Teknologi keyless pada motor semakin populer di kalangan pengendara Indonesia. Fitur ini menawarkan kenyamanan dan kemudahan dalam mengoperasikan motor, tanpa perlu repot menggunakan kunci fisik. 

Namun, di balik kemudahannya, terdapat beberapa kebiasaan buruk yang sering dilakukan pengguna keyless yang bisa menyebabkan aki motor cepat tekor. Kebiasaan-kebiasaan tersebut, jika tidak diperbaiki, dapat mengganggu kinerja motor dan mengurangi umur pakai aki.

Sistem keyless bekerja dengan menggunakan remote yang mengirimkan sinyal ke motor untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mesin. Meski terlihat simpel, pengoperasian yang tidak tepat dapat menyebabkan sistem ini terus bekerja dan menguras daya aki. 

Misalnya, banyak pengguna yang lupa mematikan remote saat motor tidak digunakan, atau menempatkan remote terlalu dekat dengan motor sehingga sistem terus aktif. Kebiasaan-kebiasaan ini sering dianggap sepele, namun dampaknya bisa sangat merugikan.

BACA JUGA: Dibanderol 19 Jutaan, Honda BeAT Terbaru 2024 Punya Fitur Keyless Anti Maling

BACA JUGA: Apakah Motor Keyless Aman dan Gak Bisa Dicuri Maling? Begini Penjelasan Versi sang Ahli Kunci

Kebiasaan Buruk Pengguna Keyless

1. Remote keyless lupa dimatikan 

Salah satu kebiasaan buruk pengguna keyless pada motor adalah membiarkan remote keyless tetap aktif meskipun motor tidak digunakan. Saat remote keyless tidak dimatikan, sistem pada motor akan terus beroperasi dan mengonsumsi energi. 

Hal ini tentu saja akan mempercepat habisnya daya aki. Untuk menghindari hal ini, pastikan selalu mematikan remote keyless setelah selesai menggunakan motor.

2. Menyimpan remote keyless terlalu dekat dengan motor

Menempatkan remote keyless terlalu dekat dengan motor juga dapat menyebabkan masalah. Saat remote berada dalam jarak dekat, sistem keyless tetap aktif dan terus-menerus mencari sinyal dari remote tersebut. 

Akibatnya, energi aki akan terkuras lebih cepat. Sebaiknya, simpan remote keyless pada jarak yang aman dan tidak terlalu dekat dengan motor.

Sumber: