Cara Merawat Motor Matic Mandiri dan Murah, Tak Perlu ke Bengkel Cukup Ikuti Hal-hal Berikut Ini

Cara Merawat Motor Matic Mandiri dan Murah, Tak Perlu ke Bengkel Cukup Ikuti Hal-hal Berikut Ini

Cara merawat motor matic--Youtube/Adin Ahmad dan edit Canva

radartegal.id - Agar memiliki performa yang tetap terjaga, tentunya kita perlu tahu cara merawat motor matic yang benar. Hal ini tentunya agar kita bisa tahu apa saja hal yang perlu kita perhatikan dan yang perlu kita tandai agar motor tetap dalam kondisi baik.

Bagi yang belum tahu cara merawat motor matic dengan benar, ada beberapa tips untuk kamu coba. Selain itu, hal-hal berikut ini juga perlu kamu tahu agar tidak membuat mesin motor kamu menjadi loyo atau turun mesin.

Perawatan motor sangat penting agar umur motor bisa panjang dan juga memiliki performa yang baik. Salah satu hal yang jarang orang perhatikan adalah catatan dari bagian-bagian motor seperti angka ganti oli dan lainnya.

Kebiasaan buruk yang seperti ini sebaiknya harus kamu hindari untuk mengurangi hal yang buruk pada motor. Lakukanlah beberapa hal ini agar motor tetap memiliki kinerja yang baik.

BACA JUGA: Pilihan Motor Sport Tanah Air, Begini Keunggulan Yamaha MT-15 Series 2024 Terbaru

BACA JUGA: Uji KIR Kendaraan Bermotor di Tegal Stagnan Meski Gratis

5 Cara merawat motor matic dengan benar

1. Panaskan Mesin

Merawat motor matic dilakukan untuk menjaga performa mesin tetap optimal. Memanaskan motor membantu oli melumasi bagian dalam dengan baik, sehingga mencegah kerusakan pada mesin.

Untuk kemudahan, Anda bisa melakukan ini di pagi hari, baik saat hendak bepergian maupun saat tidak ada rencana keluar. Cukup panaskan motor selama sekitar 5 - 10 menit saja.

2. Rutin Ganti Oli 

Oli mesin adalah kebutuhan penting bagi motor, termasuk motor matic. Anda sebaiknya selalu memeriksa dan mengganti oli mesin secara rutin sesuai dengan penggunaan motor agar oli tetap dalam kondisi baik.

Jika oli mesin kotor dan tidak diganti, hal ini akan mempengaruhi kinerja mesin motor matic. Oli mesin sebaiknya diganti setelah menempuh jarak 3000 km atau setiap 3 bulan.

Sumber: