Idul Adha, Petugas Juleha Potong Puluhan Hewan Kurban di RPH

Idul Adha, Petugas Juleha Potong Puluhan Hewan Kurban di RPH

Di momen Idul Adha, petugas Juleha di Kabupaten Brebes berhasil memotong hewan kurban di RPH, Senin 17 Juni 2024..(istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Di momen Idul Adha, petugas Juru Sembeli Halal (Juleha) di Kabupaten Brebes berhasil memotong hewan kurban di Rumah Pemotongan Hewan (RPH), Senin 17 Juni 2024. RPH sendiri bwrada di Kelurahan Limbangan Wetan Kecamatan Brebes.

Seperti diketahui, RPH di Kelurahan Limbangan ini menjadi salah satu tempat yang banyak diminati oleh masyarakat yang ingin berkurban. Baik ktu sapi ataupun hewan kurban lainnya.

Di momen Idul Adha seperti saat ini, RPH tersebut selalu antre puluhan sapi untuk disembelih secara bergantian. Tampaknya, sejumlah petugas Juleha sudah siap untuk memotong hewan kurban.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Brebes drh. Ismu Broto mengatakan pemotongan hewan kurban di RPH ini menggunakan alat mesin yang modern. Dan tentunya dibantu oleh kinerja para Juleha yang sudah dilatih.

BACA JUGA:  Indonesia Banget, Ini Menu Rekomendasi Olahan Daging Sapi Spesial Idul Adha

BACA JUGA:  Resep Sate Kambing Tegal Asli dan Cara Membuatnya Anti Bau Prengus, Lezat Cocok untuk Idul Adha

“Dengan alat mesin yang ada di RPH sangat membantu proses penyembelihan puluhan hewan kurban yang akan dipotong. Apalagi, RPH ini dibantu oleh para Juleha yang sudah berlatih” ungkapnya.

Dia menerangkan, Juleha yang ada di RPH ini sudah dilatih dan memiliki sertifikat yang sudah teruji. Termasuk meskipun menggunakan mesin, proses sudah memenuhi penyembelihan syariat Islam.

“Petugas disini hanya memerlukan waktu kurang dari 30 menit dalam bekerja, yakni mulai dari pemotongan, pengambilan kulit, ambil jeroan dan lainnya,” tuturnya kepada awak media.

Dalam satu hari, para Juleha di RPH modern ini mampu menyembelih hingga puluhan ekor sapi dari mulai pagi usai sholat Ied hingga sore hari. Sehingga bisa mempermudah warga yang hendak berkurban.

BACA JUGA:  Jamin Proses Penyembelihan Halal, 60 Juleha di Brebes Jalani Uji Sertifikasi Kompetensi

BACA JUGA:  Keren! 60 Juleha di Brebes Ikuti Sertifikasi Kompetensi Berstandar Internasional

“Untuk hari ini kami menerima 30 ekor sapi untuk dibudidayakan, hari kedua (besok) ada 17 ekor sapi dan hari ketiga lebaran kurban sudah ada 4 ekor sapi yang akan dipotong,” jelas Ismu.

Terkait, juru sembelih yang dikenal dengan sebutan Juleha yang ada di modem RPH sudah bersertifikat, sehingga masyarakat tidak perlu was-was kinerja mereka dari mulai proses penyembelihan hingga pemotongan daging.

Sumber: