Kurban Sapi Sebesar Mobil Pick Up, Warga Desa Tembok Kidul Tegal Sembelih Limousin 1,2 Ton

Kurban Sapi Sebesar Mobil Pick Up, Warga Desa Tembok Kidul Tegal Sembelih Limousin 1,2 Ton

SAPI JUMBO - Detik-detik sapi berukuran mobil pick up sebelum disembelih untuk dikurbankan di Masjid Jami Al-Haq Desa Tembok Kidul, Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, Senin, 17 Juni 2024.-Yeri Noveli-Radartegal.disway.id

ADIWERNA, radartegal.id - Kurban sapi saat Hari Raya Idul Adha merupakan hal yang biasa. Namun, apa jadinya jika kurban sapi sebesar mobil pick up?

Hal itu lah yang dilakukan sejumlah warga RT 17 RW 03 Desa Tembok Kidul Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Mereka yang rutin berkurban setiap Hari Raya Idul Adha kembali menyembelih hewan kurban berukuran fantastis.

Tahun ini, masyarakat desa setempat yang didominasi pengusaha konveksi itu berkurban hewan sapi sebesar mobil pick up. Beratnya sekitar 1,2 ton. 

"Sapi sebesar mobil pick up ini jenisnya limousin. Beratnya sekitar 1,2 ton," kata Sekretaris Panitia Hewan Kurban Masjid Al-Haq Desa Tembok Kidul Kecamatan Adiwerna Afan, Senin, 17 Juni 2024.

BACA JUGA: Mayoritas dari Warga Tak Mampu, Pedukuhan di Tegal Ini Bisa Kurban 8 Sapi dan 117 Kambing

BACA JUGA: Indonesia Banget, Ini Menu Rekomendasi Olahan Daging Sapi Spesial Idul Adha

Hewan sapi jenis limousin itu sebanyak 8 ekor. Selain sapi sebesar ukuran mobil pick up, warga di RT 17 ini juga berkurban 4 ekor kambing dengan ukuran jumbo juga.

Hewan kurban ini disembelih di Masjid Jami Al-Haq Desa Tembok Kidul. Dia menuturkan, sapi sebesar ukuran mobil pick up itu dibeli warga di Gresik Jawa Timur seharga sekitar Rp110 juta sampai Rp120 juta.

Sedangkan sapi yang terkecil, beratnya sekitar 7 kuintal. Harganya di bawah Rp 100 juta.

"Sapi kurban di masjid ini hampir semuanya jenis limousin dan simental," kata Afan.

BACA JUGA: Ikut Sholat Idul Adha di Masjid Agung Tegal, Pj Walikota Sampaikan Pesan Ini

BACA JUGA: Salat Idul Adha di Semarang, Presiden Jokowi dan Pj Gubernur Jateng Kurban 3 Sapi Simental

Meski ada yang kurban sapi sebesar mobil pick up, di tahun ini jumlahnya mengalami penurunan. Tahun lalu mencapai 9 ekor sapi dan 6 ekor kambing.

Sumber: