Keutamaan Puasa Arafah 9 dan 10 Dzulhijjah, Bisa Menghapus Dosa Setahun yang Lalu dan Setahun yang akan Datang

Keutamaan Puasa Arafah 9 dan 10 Dzulhijjah, Bisa Menghapus Dosa Setahun yang Lalu dan Setahun yang akan Datang

SAHUR - Keutamaan Puasa Arafah 9 dan 10 Dzulhijjah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim.-freepik-

Puasa ini juga menjadi bentuk solidaritas dengan umat Islam yang sedang melaksanakan ibadah haji, yang pada hari tersebut berada di Padang Arafah untuk berwukuf.

BACA JUGA: Stop Makan Gorengan, Ini 7 Cemilan Sehat untuk Berbuka Puasa yang Wajib Dicoba

BACA JUGA: Inilah 10 Manfaat Puasa Bagi Kesehatan, Nomor 8 Bagus Banget Buat Otak

Manfaat Puasa Arafah

Selain keutamaan spiritual, puasa Arafah juga memiliki manfaat fisik dan mental. Secara medis, puasa telah terbukti dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan, seperti detoksifikasi tubuh, peningkatan fungsi metabolisme, dan penurunan risiko penyakit kronis. Puasa juga dapat membantu meningkatkan fokus dan konsentrasi, serta memberikan efek ketenangan dan kebahagiaan.

Persiapan Menyambut Puasa Arafah

Untuk menyambut puasa Arafah, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama, persiapkan niat dengan sungguh-sungguh untuk menjalankan puasa ini sebagai bentuk ibadah kepada Allah. 

Kedua, pastikan tubuh dalam kondisi sehat dan siap untuk berpuasa. Konsumsi makanan bergizi dan cukup minum air putih pada malam sebelumnya agar tubuh tetap terhidrasi dan berenergi saat berpuasa.

Selain itu, perbanyaklah ibadah lainnya seperti shalat sunnah, membaca Al-Qur'an, dan berdoa. Manfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mendekatkan diri kepada Allah dan memperbaiki hubungan dengan sesama manusia.

BACA JUGA: 5 Menu Buka Puasa Sederhana di Rumah, Penuh Nutrisi dan Menyehatkan

BACA JUGA: Hindari! Ternyata Ini 6 Penyebab Kolesterol Naik saat Puasa, Tanpa Disadari Sering dilakukan

Pengalaman Puasa Arafah

Banyak umat Muslim yang telah merasakan manfaat dari puasa Arafah. Salah satunya seperti dirasakan Siti dari Jakarta.

Sumber: