5 Menu Buka Puasa Sederhana di Rumah, Penuh Nutrisi dan Menyehatkan

5 Menu Buka Puasa Sederhana di Rumah, Penuh Nutrisi dan Menyehatkan

5 Menu Buka Puasa Sederhana di Rumah.--

RADAR TEGAL – Bagi Anda yang masih bingung mengenai menu buka puasa hari ini, berikut ini rekomendasi menu buka puasa sederhana yang bisa Anda coba di  rumah.

Rekomendasi menu  buka puasa  sederhana berikut ini mudah, praktis, dan enak, lho. Pada  momen buka puasa, Anda juga perlu memastikan bahwa makanan yang Anda santap merupakan makanan yang bergizi, ya.

Makanan  bergizi merupakan makanan yang memiliki gizi seimbang yakni berupa makronutrien dan mikronutrien. Berikut ini menu buka  puasa sederhana yang  dapat Anda terapkan di rumah.

Pastikan baca sampai akhir agar Anda bisa mengetahui rekomendasi menu buka puasa sederhana di rumah, yang penuh nutrisi dan menyehatkan. Simak ulasannya di bawah ini.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Menu Buka Puasa Sehat, Puasa Tuntas Sebulan Tanpa Loyo

Rekomendasi  Menu Buka Puasa Sederhana di Rumah

 

1. Soto  Ayam

Soto ayam memiliki kandungan protein yang cukup banyak yang diperoleh dari ayamnya. Apalagi jika Anda tambahkan tahu, maka kandungan protein akan semakin tinggi. Ingat, jangan lupa untuk menambahkan mie, tauge, dan bahan lainnya, ya.

2. Sup Ayam

Sup ayam tidak hanya mudah untuk Anda buat, juga mengandung  protein yang sangat tinggi  dari ayamnya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan jagung supaya lebih kaya nutrisi. Santaplah bersama mie atau nasi  hangat  sebagai  sumber karbohidrat, ya.

3. Tumis  Sayuran

Tahukah Anda bahwa menggunakan bahan utama sayuran untuk menu  buka puasa jelas sehat  dan bergizi, bukan. 

BACA JUGA: 4 Menu Buka Puasa Sehat Tanpa Buat BB Naik, Masaknya Praktis Kaya Nutrisi

Terdapat beberapa  sayuran yang dapat Anda masak dengan cara ditumis seperti jagung, brokoli, wortel, dan cesim, dan masih banyak  lagi.

4. Sambal Goreng Kentang

Siapa sih yang tidak menyukai makanan yang satu ini? Sambal goreng kentang yang pedas  mampu meningkatkan nafsu makan Anda setelah berpuasa seharian, lho.

Adapun cara memasaknya yakni dengan menambahkan sambal, bawang putih, dan bawang merah kemudian Anda campur dengan kentang yang sudah digoreng matang.

5. Pecel

Tahukah Anda bahwa pecel berisi beragam macam sayuran sehingga bisa menjadi menu  buka puasa yang sederhana dan bergizi.

BACA JUGA: 5 Menu Buka Puasa Aman untuk Penderita Maag, Cara Masaknya Super Praktis

Makanan khas Indonesia ini  hanya  berupa sayuaran rebus yang disiram bumbu kacang. Apabila Anda  ingin lebih simple lagi, maka Anda bisa membeli bumbu kacang instan, ya.

Selain mengetahui rekomendasi menu buka puasa sederhana kaya akan nutrisi. Anda juga perlu mengetahui manfaat  puasa di bulan Ramadhan sebagai berikut.

Manfaat puasa di bulan Ramadhan untuk kesehatan

1. Puasa Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat puasa di bulan Ramadhan yang  pertama yakni  dapat  membantu Anda dalam menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah yang dapat mengurangi risiko  penyakit  jantung, lho. Tidak hanya  itu, puasa Ramadhan juga  dapat membantu Anda  dalam meningkatkan  fungsi endotelial, yang mana lapisan dalam pembuluh darah yang berfungsi  untuk mengatur tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

2. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat  badan, maka bulan puasa adalah waktu yang tepat  untuk Anda.

BACA JUGA: Rekomendasi Menu Buka Puasa Murah Meriah Namun Tetap Lezat, Cocok Banget Disajikan Sore Nanti!

Puasa Ramadhan diketahui bisa membantu menurunkan berat badan secara signifikan, lho. Jadi, selama puasa, tubuh tidak menerima asupan mekanan dan minuman dari fajar terbit hingga matahari terbenam.

Hal inilah yang menyebabkan tubuh memecah cadangan lemak untuk bisa mendapatkan energi, sehingga dapat membantu Anda dalam menurunkan erat  badan secara efektif.

3. Puasa Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

Puasa selama bulan Ramadhan diketahui bisa membantu Anda dalam meningkatkan kadar  hormon pertumbuhan yang dapat membantu Anda dalam meningkatkan pertumbuhan sel-sel otak dan membantu Anda dalam meningkatkan konsentrasi dan memori. Oleh karena itu, fungsi otak dari orang-orang yang berpuasa akan meningkat.

Demikian ulasan mengenai rekomendasi menu buka puasa sederhana. Semoga  bermanfaat.(*) 

Sumber: