Keutamaan Puasa Arafah 9 dan 10 Dzulhijjah, Bisa Menghapus Dosa Setahun yang Lalu dan Setahun yang akan Datang

Keutamaan Puasa Arafah 9 dan 10 Dzulhijjah, Bisa Menghapus Dosa Setahun yang Lalu dan Setahun yang akan Datang

SAHUR - Keutamaan Puasa Arafah 9 dan 10 Dzulhijjah adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim.-freepik-

Radartegal.id - Alhamdulillah, kita telah memasuki awal bulan Dzulhijjah, salah satu bulan yang penuh berkah dan keutamaan dalam kalender Hijriyah. Apa keutamaan puasa Arafah 9 dan 10 Dzulhijjah?

Di antara ibadah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan pada bulan ini adalah puasa pada hari Arafah, yang jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Puasa Arafah merupakan amalan yang sangat disunnahkan bagi umat Muslim yang tidak sedang menjalankan ibadah haji. Puasa ini memiliki banyak keutamaan dan manfaat, yang salah satunya adalah menghapus dosa-dosa.

Keutamaan Puasa Arafah

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Qotadah, Rasulullah ﷺ bersabda:

صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِى بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِى قَبْلَهُ

"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (HR. Muslim no. 1162).

BACA JUGA: 6 Bahaya Makan Makanan Pedas saat Berbuka Puasa, Nomor 5 Tidak Disangka

BACA JUGA: 7 Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ketika Berbuka Puasa, Jangan Sepelekan Jika Ingin Sehat

Mengapa Harus Puasa Arafah?

Puasa Arafah memiliki nilai spiritual yang sangat tinggi. Di samping sebagai bentuk ketaatan kepada Allah, puasa ini juga menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada-Nya. 

Dengan menjalankan puasa Arafah, umat Muslim diharapkan dapat memperoleh ampunan dari dosa-dosa yang telah lalu dan dosa-dosa yang akan datang.

Selain itu, puasa Arafah juga menjadi momentum untuk merenungi dan memperbaiki diri. Dengan berpuasa, seseorang diharapkan dapat lebih banyak beribadah, berdoa, dan bermuhasabah atas segala perbuatannya selama ini. 

Sumber: