Masalah Galbay Pinjol Ilegal, Ada Resiko yang Harus Ditanggung Nasabah

Masalah Galbay Pinjol Ilegal, Ada Resiko yang Harus Ditanggung Nasabah

Salah satu masalah galbay pinjol ilegal adalah diambilnya data diri kita.-(Ilustrasi Pinterest)----

2. Teror Penagihan

Meskipun tidak semua orang berani galbay, banyak yang akhirnya membayar karena tidak tahan dengan teror dari debt collector (DC) pinjol ilegal. Meskipun penagih dari pinjol ilegal jarang datang ke rumah, ancaman dan teror melalui telepon atau pesan teks bisa sangat mengganggu dan menakutkan.

3. Penyebaran Informasi Pribadi

Data pribadi yang berhasil dicuri oleh pinjol ilegal bisa digunakan untuk memfitnah atau memeras Anda. Foto pribadi, KTP, atau dokumen lain bisa diedit dan disebarluaskan untuk merusak reputasi Anda. Bahkan ada kasus di mana foto-foto diubah menjadi konten dewasa dan disebar ke grup WhatsApp.

BACA JUGA: 7 Pertimbangan Sebelum Berikan Izin Akses Aplikasi Pinjol yang Harus Diketahui, Jangan Asal ACC!

BACA JUGA: Lebih dari 100 DC lapangan dan 900 Pinjol Ilegal Diblokir oleh OJK, Galbay Ga Usah Bayar?

4. Kerugian Finansial

Pinjol ilegal sering kali memasukkan virus atau malware ke dalam aplikasi mereka. Ketika Anda mendownload aplikasi atau membuka tautan dari mereka, perangkat Anda bisa terinfeksi, yang akhirnya memungkinkan mereka untuk mencuri informasi perbankan atau keuangan lainnya. Akibatnya, rekening bank atau akun kredit Anda bisa dibobol.

Mengapa Pinjol Ilegal Masih Bisa Cair Setelah Galbay?

Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah bagaimana seseorang bisa terus meminjam dari pinjol ilegal meskipun sudah galbay berkali-kali. 

Berikut adalah beberapa alasan utama:

1. Tidak Terhubung dengan OJK

Masalah galbay pinjol ilegal yaitu tidak terhubung dengan sistem informasi kredit OJK, sehingga mereka tidak memiliki akses ke riwayat kredit peminjam. Ini memungkinkan mereka untuk memberikan pinjaman kepada seseorang yang sudah galbay di pinjol ilegal lainnya.

BACA JUGA: Punya Riwayat Buruk? Pinjol Tanpa BI Checking Terbaru Ini Bisa Jadi Solusinya

BACA JUGA: 5 Aturan Terbaru Penagihan DC Pinjol 2024, Nasabah Galbay Wajib Tahu!

Sumber: