6 Keistimewaan Hari Raya Idul Adha 2024, Bukan Hanya Sekadar Ibadah Kurban

6 Keistimewaan Hari Raya Idul Adha 2024, Bukan Hanya Sekadar Ibadah Kurban

keistimewaan hari raya idul adha 2024--

Hal tersebut sebagaimana firman Allah yang berbunyi: "Sesungguhnya Allah hanya menerima (kurban) dari orang-orang yang bertaqwa." (QS. Al-Maidah: 27).

2. Lebaran Haji

Momen di mana umat Muslim di seluruh dunia berkumpul di tanah suci, sementara di tempat lain juga dilakukan penyembelihan hewan qurban sebagai cara untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Keistimewaan inilah yang menjadi pusat perhatian untuk menunaikan haji, banyak dari kalangan berkumpul untuk beribadah dan meraih pahala sebanyak-banyaknya.

3. Hari Tasyrik

Hari tasyrik saat Idul Adha berlangsung selama tiga hari, yakni pada tanggal 11-13 Dzulhijjah. Saat hari tasyrik berlangsung, umat muslim tidak boleh melaksanakan puasa. Selain itu, bagi umat muslim yang berkurban boleh menyembelih kurbannya dalam jangka waktu tersebut.

BACA JUGA: Hukum Kurban Jadi Wajib Jika Anda Punya Syarat Ini, Berikut Penjelasan dari Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA: Penyembelih Hewan Kurban di Kabupaten Tegal Disarankan Tutup Aurat, Ternyata Ini Alasannya

4. Ibadah Kurban

Salah satu ikon ibadah di hari raya Idul Adha adalah berkurban. Selain menjadi momen berbagi untuk kaum fakir dan dhuafa, ibadah kurban pun memiliki latar belakang kisah inspiratif untuk ditiru oleh umat muslim.

Ada banyak sekali keutamaan dari ibadah kurban, salah satunya adalah untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Allah Swt.

5. Hari Arafah

Keistimewaan selanjutnya terjadi pada tanggal 9 Dzulhijjah, yang dikenal sebagai Hari Arafah, adalah hari yang sangat penting. 

Umat Muslim yang tidak menunaikan haji dianjurkan untuk berpuasa pada hari ini karena pahala puasa Arafah dapat menghapus dosa-dosa tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang.

Sumber: