Bukan Mustahil! Begini Cara Memperbaiki Skor Kredit yang Buruk agar Lancar Mengajukan Pinjaman

Bukan Mustahil! Begini Cara Memperbaiki Skor Kredit yang Buruk agar Lancar Mengajukan Pinjaman

Bukan Mustahil! Begini Cara Memperbaiki Skor Kredit yang Buruk agar Lancar Mengajukan Pinjaman-berita tegal terkini-radar tegal

Pahami bagaimana berbagai faktor seperti riwayat pembayaran, penggunaan kredit, dan lama riwayat kredit memengaruhi skor Anda. Faktor-faktor ini memainkan peran penting dalam menentukan kelayakan kredit Anda di mata pemberi pinjaman.

4. Membangun Kebiasaan Keuangan yang Baik dan Bayar Tagihan Tepat Waktu

Membangun kebiasaan keuangan yang baik merupakan kunci untuk meningkatkan skor kredit Anda. Selalu lakukan pembayaran minimum tagihan kartu kredit dan cicilan pinjaman tepat waktu.

Prioritaskan pembayaran utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu untuk menghindari penalti dan biaya tambahan yang dapat menurunkan skor kredit Anda.

BACA JUGA: Anak Muda Bisa Pinjam Uang di 4 Tempat Ini Selain Pinjol agar Skor Kredit Tetap Aman

BACA JUGA: 5 Cara Dapat Uang untuk Pelajar yang Lebih Aman dari Pinjol, Gak Perlu Cek Skor Kredit

5. Gunakan Kredit Secara Bertanggungjawab

Jaga rasio penggunaan kredit Anda di bawah 30%. Artinya, total saldo terutang kartu kredit tidak boleh lebih dari 30% dari batas kredit Anda.

Penggunaan kredit yang berlebihan dapat menunjukkan kepada pemberi pinjaman bahwa Anda berisiko tinggi gagal membayar, sehingga menurunkan skor kredit Anda.

6. Hindari Mengajukan Kredit Baru

Tahan diri untuk tidak mengajukan kartu kredit atau pinjaman baru dalam waktu dekat. Setiap kali Anda mengajukan kredit baru, biro kredit akan melakukan pemeriksaan kredit, yang dapat berdampak negatif pada skor kredit Anda, terutama dalam jangka pendek.

7. Melunasi Utang yang Ada dan Buat Strategi Pelunasan

Utang yang belum terbayar dapat menjadi penghambat terbesar dalam meningkatkan skor kredit Anda. Susun rencana untuk melunasi utang Anda secara sistematis.

Prioritaskan utang dengan bunga tinggi terlebih dahulu, karena bunga yang terus bertambah akan memperbesar beban keuangan Anda. Gabungkan beberapa utang menjadi satu pinjaman dengan bunga yang lebih rendah untuk memudahkan pengelolaan dan pembayaran.

Sumber: