Sudah Dimulai Sejak Tahun 1914, Begini Awal Mula Terbentuknya Waduk Cacaban di Tegal

Sudah Dimulai Sejak Tahun 1914, Begini Awal Mula Terbentuknya Waduk Cacaban di Tegal

Awal MulaTerbentuknya Waduk Cacaban di Tegal | Foto: @hanarahmw--

SLAWI, Radartegal.id – Bagi Anda warga Tegal dan sekitarnya tentu sudah tidak asing lagi dengan keberadaan Waduk Cacaban bukan. Berikut ini awal mula terbentuknya Waduk Cacaban di Tegal.

Informasi mengenai awal mulai terbentuknya Waduk Cacaban di Tegal ini diambil dari journal repository.unissula. Bagi Anda yang penasaran berikut ini penjelasannya.

Awal Mulai Terbentuknya Waduk Cacaban di Tegal

Tahukah Anda bahwa awal mulai gagasan mengenai pembangunan Waduk Cacaban ini dimulai sejak tahun 1914. Pembangunan awal mula terbentuknya Waduk Cacaban di Tegal ini dibuat dengan perencanaan detail pada tahun 1930 oleh pemerinntah kolonial Belanda.

Akan tetapi, Waduk Cacaban di  Tegal ini baru diresmikan pada tahun 1952 oleh Presiden Soekarno. Fungsi dari waduk ini yakni mengairi sawah-sawah di sekitarnya dan dijadikan sebagai objek wisata bagi warga sekitar.

BACA JUGA: Tempat Wisata Terbaru 2024 Waduk Cacaban di Tegal, Ada Bukit Teletubbies hingga Camping Ground

BACA JUGA: Paguyuban Kapal Cacaban Tegal Minta Pelampung dan Kenaikan Tarif Penumpang Borongan

Waduk Cacaban berlokasi tidak jauh dari Slawi, kurang lebih 9 KM ke arah timur. Tepatnya di Desa Karanganyar Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Waduk Cacaban ini menjadi salah satu obyek wisata di daerah tersebut..

Waduk Cacaban di Tegal merupakan salah satu wisata andalan di kabupaten yang wajib Anda kunjungi. Tidak hanya Guci dan Pantai Purwahamba Indah, wisata yang satu ini juga wajib untuk Anda kunjungi.

Diketahui, luas Waduk Cacaban di Tegal sekitar 928,7 hektare dan berisi air sebanyak 90 juta Mᶟ. Waduk ini juga didukung dengan latar belakang pemandangan hutan, pulau-pulau kecilyang dapat Anda kunjungi, serta panorama perbukitan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS) yang memanjang dari sungai ke Waduk Cacaban.

DAS di Waduk Cacaban ini merupakan daerah yang bertujuan untuk daerah resapan, penyimpanan air, penampungan air hujan, serta pengaliran air. 

BACA JUGA: Bikin Penasaran! Benarkah Waduk Cacaban Tegal Dulunya Sebuah Desa? Ini Sejarahnya

BACA JUGA: Mantap Nih! Objek Wisata Waduk Cacaban Kabupaten Tegal Dicanangkan sebagai Zona KHAS

Daerah ini juga umumnya dibatasi dengan topografi yakni punggung bukit. Sehingga, air  hujan yang jatuh di  dalamnya akan selalu menuju di tempat hilirnya di bagian yang lebih rendah.

Ada pun wilayah DAS di Waduk Cacaban Tegal sendiri meliputi bagian hulu hingga hilir sungai, dan bisa berupa wilayah pemukiman, wilayah lindung, wilayah budidaya, dan masih banyak lagi.

Jadi, wilayah Sub Das Cacaban di dalamnya mencakup daerah hulu Sungai Cacaban Kabupaten Tegal dalam perkembangannya terlah terjadi kerusakan lingkungan yang mengkhawatirkan. Hal ini disebabkan oleh berubahnya tata guna lahan.

Untuk perubahan tata guna lahan tersebut disebabkan oleh adanya kerusakan vegetasi, baik kerusakan semak belukar atau  pun vegetasi penutup yang diakibatkan oleh alamatau pun manusia. Jadi, menimbulkan luas semak belukar dan vegetasi menjadi semakin berkurang.

BACA JUGA: Mitos Waduk Cacaban Tegal yang Masih Dipercaya Masyarakat: Tumbal dan Sosok Penunggu yang Bikin Merinding

BACA JUGA: GAWAT! Debit Air Waduk Cacaban Turun Drastis, Puso Ancam Petani Padi Kabupaten Tegal

Dengan adanya peristiwa tersebut, maka menyebabkan terkikisnya lapisan atas tanah yang banyak mengandung unsur hara untuk kesuburan dan kestabilan tanah. Sehingga ketahanan tanah terhadap erosi dan kemampuan tanah dalam menyerap air makin menurun.

Tidak hanya  itu, erosi yang disebabkan oleh kerusakan vegetasi penutup tersebut juga telah menyebabkan bahaya terhadap longsoran tanah yang merupakan sumber endapan sedimen apabila masuk ke dalam aliran air.

Erosi di sekitar Daerah Alian Sungai (DAS)  di Waduk Cacaban yang menyebabkan pengendapan material ini disebut dengan sendimentasi. Yang merupakan proses pengangkutan dan pengendapan material atau kerak bumi yang disebabkan oleh penurunan kualitas  lahan.

Tidak hanya mengenai erosi  dan pemandangannya yang bagus. terdapat juga arena untuk bumi perkemahan yang tergelar cukup luas di bawah gundukan tanah buit hijau rerumputan, lho.

BACA JUGA: Sedekah Bumi Waduk Cacaban Tradisi Merawat Alam, Bupati Tegal Beri Pesan Khusus

Demikian ulasan mengenai awal mula terbentuknya waduk cacaban di Tegal. Semoga informasi di atas dapat membantu pengetahuan Anda mengenai sejarah Waduk Cacaban di Tegal.

Sumber: