Asal-usul Desa Selapura di Tegal, Konon Dilarang Membangun Pondasi Rumah dengan Bahan Batu

Asal-usul Desa Selapura di Tegal, Konon Dilarang Membangun Pondasi Rumah dengan Bahan Batu

asal-usul dan mitos desa selapura di tegal--

BACA JUGA: Kumpulan Tempat Angker di Tegal yang Menantang Nyali, Simpan Kisah Misteri yang Belum Terpecahkan

BACA JUGA: Jejak Masa Kejayaan Tegal di Era Kesultanan Mataram Islam, Dulu Raja di Sektor Pertanian

Sehingga bila terangkai jadi satu kalimat hendak berarti kesalahan yang dimaafkan. Tidak cuma itu, terdapat pula yang secara toponimi berkata kata Selapura diambil dari kata selopuro, ialah nama salah satu wilayah di Jawa Timur.

Ialah nama yang diambil oleh orang-orang Majapahit kala itu. Argumentasi ini diperkuat dengan banyaknya masyarakat serta warga Desa Selapura yang masih mempunyai garis generasi dari daerah Selopuro (istilah lain Majapahit).

Mitos Desa Selapura di Tegal

                                         

Tidak hanya filosofi pembentukannya, terdapat pula hal yang menarik terkait mitos yang tumbuh di Desa Selapura di Tegal tersebut. Mitos tersebut terkait larangan membangun pondasi rumah dengan memakai batu.

Berdasarkan cerita yang berkembang dari mulut ke mulut, mitos tersebut mulai ada sejak abad ke-16. Konon mitos larangan tersebut berawal di kala Pangeran Junjang menewaskan seekor anjing memakai batu candi.

Semenjak peristiwa seperti itu setelah itu Pangeran Junjang menyuruh masyarakat Desa Selapura melarang memakai batu saat membuat pondasi rumahnya. Batu candi itulah yang kemudian disebut sebagai Candi Anjing.

BACA JUGA: Sudah Ada Sejak 1934, Bioskop di Tegal Menjadi Salah Satu yang Tertua di Era Hindia Belanda

BACA JUGA: Mitos Terkenal di Tegal yang Jarang Diketahui, Masih Banyak yang Percaya?

Penutup

Desa  yang berdekatan dengan wilayah Jatibarang Brebes ini ternyata menyimpan sejumlah mitos yang dipercayai oleh masyarakat setempat. Menariknya asal-usul dan mitos Desa Selapura ini dijadikan cerita turun temurun. Sehingga, beberapa mitos pun masih melekat pada masyarakat setempat.

Demikian informasi mengenai asal-usul Desa Selapura dan mitosnya. Semoga bermanfaat.

Sumber: