Unik! Nama-nama Desa di Kabupaten Tegal, 4 di Antaranya Punya Kata Depan yang Sama

Unik! Nama-nama Desa di Kabupaten Tegal, 4 di Antaranya Punya Kata Depan yang Sama

nama unik perdesaan kota tegal --

TEGAL,radartegal.id- Kota Tegal yang dikenal dengan julukan kota bahari ini, ternyata tak hanya memiliki tradisi unik seperti moci saja. Beberapa perdesaan di kota tegal pun memiliki keunikan pada Namanya.

Keunikan nama perdesaan kota tegal ternyata memiliki makna yang tersirat, yang jarang diketahui dan Sebagian hanya di ketahuan oleh masyarakat setempat aja.

Setiap nama unik perdesaan pastinya memiliki asal-usul keberadaan yang mestinya harus dilestarikan dan menjadi turun temurun untuk kegenerasi berikutnya.

Ingin tahu apa saja nama unik perdesaan yang ada di kota tegal dan memiliki makna tersirat yang terkandung dalam asal usulnya. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Sejarah Desa Tuwel di Tegal, Kisah Mbah Rindik dan Ki Gede Sebayu yang Membangun Sarana Perairan

BACA JUGA: Mitos Kali kumpe Desa Jejeg Tegal, Pohon Ini Tak Boleh Ditebang Jika Tak Mau Menanggung Akibatnya

9  Nama Unik Perdesaan Kota Tegal

                                         

1. Desa Tembok

Selanjutnya adalah Desa Tembok. Desa dengan nama unik ini ada di Kecamatan Adiwerna. Tidak hanya satu desa, tetapi tercatat ada 4 desa yang namanya diawali dengan kata tembok. Masing-masingnya adalah Tembok Kidul, Tembok Lor, Tembok Banjaran dan Tembok Luwung.

2. Desa Brekat

Terakhir adalah Desa Brekat. Dalam Kamus Bahasa Jawa Tegal-Indonesia, brekat artinya makanan dari acara kendurian atau hajatan. 

Dengan arti demikian maka tidak mengherankan jika Desa Brekat masuk kategori desa dengan nama unik di Kabupaten Tegal. Nah, desa dengan nama unik yang terakhir ini ada di Kecamatan Tarub.

3.  Desa Jejeg

Sumber: