Jelang Idul Adha, Peternak di Brebes Mulai Kebanjiran Order

Jelang Idul Adha, Peternak di Brebes Mulai Kebanjiran Order

Asip Fauzan peternak hewan kurban yang sudah mulai kebanjiran order jelang Idul Adha tahun ini.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Jelang Idul Adha 1445 Hijriyah (H), sejumlah peternak hewan kurban kebanjiran order. Bahkan puluhan hewan ternak sudah laku terjual hingga Rabu 5 Juni 2024.

Salah seorang peternak hewan kurba di Kecamatan Brebes Asip Fauzan mengatakan, total ada 16 hewan kurban sudah laku terjual. Dan hari ini, sudah ada lima hewan kurban lainnya yang sudah dipesan oleh pembeli.

“Kalau total sama yang pesan hari ini sudah ada 21 hewan kurban yang sudah dipesan dan dibeli oleh pembeli,” ujarnya.

Asip yang juga merupakan Camat Brebes menuturkan, kalau pembeli saat tahun lalu masih jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu. Saat ini, hingga hari ini total pembelian masih lumayan banyak.

“Kalau tahun ini, kebanyakan para pembeli memilih untuk membeli sapi. Karena bisa iuran dengan warga yang akan berkurban juga,” ucapnya.

BACA JUGA: Jaga Pasokan Jelang Idul Adha, Pj Bupati Brebes Cek Kesiapan Hewan Kurban di Wilayahnya

BACA JUGA: Jelang Idul Adha, Pemkab Brebes Cek Stok Hewan Kurban

Meski begitu, dia tidak memungkiri kalau di kandangnya ada puluhan hewan kurban yang sudah layak dijual untuk berkurban. Namun, dirinya menjual ke kualitas hewan kurban yang lebih besar dibandingkan hewan kurban yang dijual pada tahun 2023 lalu.

"Kalau sekarang lebih banyak hewan kurban yang lebih besar dibandingkan tahun lalu yang saya jual. Dan kalau untuk harga ada di kisaran Rp4 juta hingga Rp6 juta per ekor," terangnya.

Hal senada juga dijelaskan peternak hewan kurban lainnya asal Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Ardi. Dirinya sudah menjual hewan kurban sebanyak 20 ekor. Jumlah tersebut terdiri dari hewan kurban sapi dan kambing.

 

“Alhamdulillah sudah ada 20 hewan kurban baik sapi dan kambing yang sudah terjual,” tutupnya.

BACA JUGA: Idul Adha, Komedian dan Mantan Penyanyi Cilik Banting Setir Jualan Hewan Kurban

BACA JUGA: Selisih Sampai Rp1 Juta, Harga Hewan Kurban Lokal Kalah Saing dengan Ternak Luar

Sumber: