Jelang Idul Adha, Pemkab Brebes Cek Stok Hewan Kurban

Jelang Idul Adha, Pemkab Brebes Cek Stok Hewan Kurban

Pengecekan hewan kurban pemkab Brebes--

BREBES, radartegal.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes mengecek secara kesiapan ketersediaan hewan qurban di sejumlah peternakan Selasa 28 Mei 2024. Itu, dilakukan sebagai sebagai persiapan menghadapi momen Idul Adha tahun ini.

Adapun lokasi yang dikunjungi yakni peternakan domba Barokah Farm dan Peternakan Sapi Lembu Utama Farm Dukuh Kalibodas Kecamatan Bumiayu. Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar, memantau secara langsung domba dan sapi disiapkan untuk dijadikan hewan qurban.

Turut mendampingi Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes drh. Ismu Subroto. Serta sejumlah pejabat lainnya.

Usai pengecekan, Pj Bupati Brebes mengatakan ketersediaan hewan kurban baik domba atau sapi yang akan dijadikan kurban pada idul adha 1445 Hijriyah ini dalam kondisi cukup aman. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinas terkait yang sudah membimbing para peternak agar menghasilkan hewan yang berkualitas. 

BACA JUGA: Pemkab Brebes Belum Miliki Perda Perlindungan Pegawai Migran, Padahal Banyak yang Kerja di Luar Negeri

BACA JUGA: Pemkab Brebes Gelar GPM untuk THL, Siapkan 400 Paket Sembako Murah

"Kita juga dapat mengetahui, Kabupaten Brebes memiliki potensi khususnya di sektor peternakan. Karena ditunjang lahan yang masih dapat digunakan untuk pengembangan peternakan," katanya.

Menurut Iwanuddin, pihaknya juga berpesan, selain domba, sapi maupun kerbau, peternakan unggas jangan sampai ditinggalkan. Karena memiliki tingkat ekonomi yang baik untuk menunjang perekonomian masyarakat.

"Terlebih dengan akan digulirkannya program pangan sehat nanti. Di mana ketersediaan ragam pangan baik karbohidrat, protein dan juga vitamin harus seimbang, harapannya kita sudah siap, saat program dijalankan nanti," jelasnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Brebes drh. Ismu Subroto menyampaikan, saat ini populasi hewan ternak di Kabupaten Brebes untuk jenis domba terdapat 34 ribu ekor. Sedangkan untuk stok kurban ada sekitar 16 ribu ekor, sehingga terdapat sisa stok sekitar 4 ribu ekor dari kebutuhan kurban domba sekitar 12 ribu ekor.

BACA JUGA: Lebaran 2024, Pemkab Brebes Siapkan 4 Bus Mudik Gratis untuk Warganya yang di Jakarta dan Sekitarnya

BACA JUGA: Pemkab Brebes Siapkan Lahan 5.688 Hektare Sebagai Kawasan Peruntukan Industri di 6 Kecamatan

"Untuk stok hewan kurban sapi, ada sekitar 13 ribu ekor sapi. Dengan jumlah tersebut, stok hewan kurban di Kabupaten Brebes cukup melimpah," terangnya.

Menurut Ismu pihaknya juga terus memantau kesehatan hewan kurban dengan turun langsung ke lapak hewan atau mendatangi secara langsung ke peternakan hewan yang ada di Kabupaten Brebes. Hasilnya, masih cukup aman dari berbagai penyakit hewan yang berbahaya.

Sumber: