Jaga Pasokan Jelang Idul Adha, Pj Bupati Brebes Cek Kesiapan Hewan Kurban di Wilayahnya

Jaga Pasokan Jelang Idul Adha, Pj Bupati Brebes Cek Kesiapan Hewan Kurban di Wilayahnya

Pj Bupati Brebes saat mengecek hewan kurban di Brebes. Stok hewan kurban diklaim masih aman.(Istimewa)--

BREBES, radartegal.id - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Pj Bupti Brebes Iwanuddin Iskandar mengecek ketersediaan stok hewan yang ada di Kabupaten Brebes. Pj Bupati mengecek ketersediaan hewan kurban di peternakan domba Barokah Farm Desa Kalinusu dan Peternakan Sapi Lembu Utama Farm di Dukuh Kalibodas, Kecamatan Bumiayu.

Hasil pemantauan sendiri, Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar mengatakan ketersediaan hewan kurban saat ini aman. Hal ini seperti keterseduaan domba dan sapi juga aman dalam menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan yang sudah membimbing para peternak agar menghasilkan hewan yang berkualitas," terangnya.

Dia menyampaikan, kalay Kabupaten Brebes memiliki pontensi yang cukup tinfgtdi bidang pwternakan. Hal ini karena ditunjang lahan yang masih dapat digunakan untuk pengembangan peternakan.

Tingkatkan ekonomi masyarakat

Di samping itu, selain peternakan domba dan sapi, peternakan unggas juga jangan sampai ditinggalkan. Karena unggas juga memiliki nilai ekonomi yang baik untuk menunjang perekonomian masyarakat.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKP) Kabupaten Brebes drh Ismu Subroto mengatakan, untuk saat ini populasi hewan ternak di Kabupaten Brebes khususnya domba ada 34 ribu ekor. Untuk stok kurban ada sekitar 16 ribu ekor dan masih ada sisa stok sekitar 4 ribu ekor. 

"Kebutuhan kurban domba kurang lebih 12 ribu ekor, sementara untuk stok hewan kurban sapi ada sekitar 13 ribu ekor Sapi sehingga untuk stok hewan kurban di Kabupaten Brebes cukup melimpah," terangnya.

Dia menerangkan, untuk memastikan hewan kurban dengan kondisi sehat, pihaknya lagsung memantau kesehatan hewan kurban dengan turun langsung ke lapak hewan. Serta mendatangai secara langsung ke peternakan hewan yang ada di Kabupaten Brebes dan dari pantauan masih cukup aman dari berbagi penyakit hewan yang berbahaya.

Salah seorang pemilik peternakan domba Barokah Farm di Desa Kalinusu Kecamatan Bumiayu Alex Salammulloh mengatakan, saat ini pihaknya menyediakan stok hewan kurban jenis domba ada 50 ekor dan masih tersisa 10 ekor yang belum terjual.

"Untuk rharga domba, di peternakannya berkisar antara Rp2,5 juta sampai Rp3 juta per ekor. Namun ketika ada pembeli ada yang membutuhkan hewan kuraban yang lebih super lagi dengan harga yang lebih mahal pihaknya juga siap menyediakan karena telah bekerja sama dengan peternak lainnya," tukasnya.

Sumber: