Mitos Mata Air Abadi Kaligua Brebes, Dipercaya Menyembuhkan Segala Penyakit dan Buat Awet Muda

Mitos Mata Air Abadi Kaligua Brebes, Dipercaya Menyembuhkan Segala Penyakit dan Buat Awet Muda

Mitos Mata Air Abadi Kaligua Brebes--

BREBES,radartegal.id - Wisata kebun teh Kaligua yang berada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dibalik keindahan kebun teh dengan udaranya yang sejuk ternyata menyimpan sejumlah mitos salah satunya adalah mitos air mata abadi.

Konon katanya mitos air abadi kaligua  Brebes mengeluarkan mata air yang sangat jernih dan tidak pernah kotor meskipun daerah disekelilingnya diguyur hujan deras dan lama sekalipun.

Warga setempat meyakini bahwa mitos air abadi Kaligua Brebes tidak akan berhenti atau surut airnya. Melihat air itu, Van De Jong kemudian mendirikan perkebunan teh pada tahun 1889 dengan menggunakan air tuk bening untuk pengolahan teh hitam sekaligus kebutuhan lainnya termasuk penyiraman tanaman teh.

Ingin tau lebih lanjut mengenai mitos air abadi Kaligua Brebes, berikut informasinya. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Mitos Waduk Malahayu Brebes, Penunggunya Seekor Ular Raksasa Bernama Si Buntung

BACA JUGA: Satwa Penyendiri, Ini 4 Mitos Suara Burung Kedasih Menurut Islam dan Adat Jawa yang Bikin Merinding

Mitos Mata Air Abadi Kaligua Brebes

                               

Wisata Kaligua yang terkenal dengan keindahan kebun teh dan udaranya yang sejuk ini memiliki  mitos yang mungkin sudah tidak asing oleh warga sekitar yaitu mitos mata air abadi kaligua.

Diceritakan oleh sang juru kunci mata air abadi kaligua bahwa sosok gaib penunggu mata air abadi yang menonjol ada lima yang meliputi Mbah Tunggul Wulung, Mbah Rantamsari (sosok seperti patung yang ada di atas panduran), Mbah Sri Wulandari, Mbah Rantas Wadung, dan Mbah Umbrah-umbruh.

Kelima penunggu yang wujud aslinya berupa kakek dan nenek ini sangat senang jika pancuran mata air abadi digunakan untuk berwudhu dan bahkan sholat di mushola kecil yang dibangun di sisi kiri pancuran, terlebih mereka juga ikut didoakan,” beber juru kunci kedua air mata abadi itu dan sekaligus juru bersih lingkungan mata air abadi.

BACA JUGA: Jadi Legenda Tanah Air, Begini 6 Mitos Gunung Sindoro Jawa Tengah

BACA JUGA: 4 Mitos Seputar Hewan Tokek, Bunyinya Sering Dikait-kaitkan sebagai Pemanggil Rejeki dan Kekayaan

Konon kata mitos mata air abadi kaligua bila  diminum dan cuci muka di pancuran ke-5  mata air abadi (dihitung dari kanan), maka akan jadi awet muda dan membantu menyembuhkan penyakit kulit.

Sumber: