Bikin Sumpek! Ini Penyebab AC Mengalami Kebocoran, Perbaiki Segera Sebelum Kerusakan Semakin Parah

Bikin Sumpek! Ini Penyebab AC Mengalami Kebocoran, Perbaiki Segera Sebelum Kerusakan Semakin Parah

ELEKTRONIK - Berikut penyebab ac mengalami kebocoran--

BACA JUGA: Simak 6 Penyebab AC Daikin Tidak Dingin, Nomor 5 Seringkali Dilewatkan

3. Filter AC Kotor

Saat filter udara pada AC kotor, aliran udara ke evaporator akan terhambat dan suhu menjadi menurun. Suhu yang menurun drastis bisa membuat kumparan jadi terlalu dingin dan beku.

Kemudian, saat AC dimatikan dan AC berhenti mengisap udara ke interior, kumparan akan memanas dan es yang sudah terkumpul akan mencair. Jika es yang sudah mencair melebihi kapasitas baki tetesan, maka terjadilah kebocoran pada AC.

4. Pemasangan AC Tidak Benar

Memasang AC tidak benar dapat menjadi penyebab AC bocor. Karena, apabila saluran pembuangan yang kemiringannya tidak tepat bisa membuat air yang akan menetes dari unit AC tidak keluar ke saluran pembuangan.

BACA JUGA: Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tidak Sedap, Ini Bagian yang Harus Diperiksa

BACA JUGA: Penyebab AC Dinding Bocor dan Cara Mengatasinya yang Paling Efektif

5. Kompresor AC Rusak

AC tersusun dari berbagai bagian yang berfungsi untuk menghasilkan udara dingin, salah satunya kompresor. Kompresor bekerja dengan memompa freon ke seluruh bagian AC agar suhunya tetap dingin.

Saat kompresor rusak, suhu di dalam AC meningkat yang membuat aliran air di dalamnya terganggu. Aliran yang tidak lancar inilah yang menyebabkan air menetes keluar dari AC.

6. Tetesan Air di Celah AC

Kebocoran juga bisa disebabkan oleh adanya tetesan air yang keluar dari celah kecil pada AC. Kecilnya celah pada AC membuat banyak orang kesulitan menemukan sumber tetesan air ini. 

Masalah ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari enam hal yang sudah disebutkan di atas hingga aneka masalah lain pada AC.

BACA JUGA: 5 Penyebab AC Tidak Dingin dan Cara Mudah Mengatasinya, Dijamin Langsung Dinginkan Ruangan dengan Maksimal

Sumber: