Bikin Sumpek! Ini Penyebab AC Mengalami Kebocoran, Perbaiki Segera Sebelum Kerusakan Semakin Parah

Bikin Sumpek! Ini Penyebab AC Mengalami Kebocoran, Perbaiki Segera Sebelum Kerusakan Semakin Parah

ELEKTRONIK - Berikut penyebab ac mengalami kebocoran--

Radartegal.id - Kebocoran merupakan salah satu masalah AC yang paling umum terjadi, apalagi jika C sudah berusia cukup tua atau lama. Lalu apa sebenarnya penyebab AC mengalami kebocoran yang paling umum?

Penyebab AC mengalami kebocoran cukup beragam dan bisa dikaitkan dengan berbagai macam faktor. Bila Anda Mendengar suara air yang terus menerus menetes terasa mengganggu, maka indikasi tersebut bisa dikatakan bocor.

Apabila tidak diperbaiki dengan benar, hal ini akan membuat kondisi AC semakin parah. Penyebab AC mengalami kebocoran harus segera diketahui agar tidak menganggu kenyamanan di dalam rumah Anda.

Salah satu penyebab AC mengalami kebocoran yang umum terjadi karena adanya air menetes. Jika hal ini terjadi, maka dapat menyebabkan AC tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga tidak memberi hawa dingin yang sesuai. 

BACA JUGA: Kelebihan dan Kekurangan AC Changhong 1/2 PK, Murah Meriah Tapi Dinginnya Boros Listrik

BACA JUGA: Penyebab AC Midea Tidak Dingin dan Cara Ampuh Mengatasinnya, Wajib Tahu Agar Pendinginan Maksimal

Penyebab AC mengalami kebocoran

1. Perawatan yang Buruk

Penyebab AC mengalami kebocoran yaitu perawatan yang buruk. Seperti halnya peralatan rumah tangga lainnya, AC juga membutuhkan perawatan yang rutin dan tepat waktu. Pastikan Anda mencuci AC sesering mungkin.

2. Koil AC Beku

Koil evaporator terletak di bagian dalam AC. Jika Anda membuka pintu AC dan menemukan koil terkumpul didalamnya, ini berarti kecepatan pelelehan lebih lambat dan ini menyebabkan air tumpah di atas wadah pembuangan. Penyebab penting AC beku adalah filter udara yang kotor. 

Filter ini berfungsi untuk mencegah aliran udara melewati kumparan. Ketika filter tersumbat kotoran, arus hangat tidak bisa lewat dan suhu akan turun. Akibatnya, penumpukan es terjadi karena pembekuan.

BACA JUGA: Terungkap! Ternyata Ini 4 Penyebab AC di Rumah Cepat Rusak, Sebaiknya Hindari

Sumber: