Simak 6 Penyebab AC Daikin Tidak Dingin, Nomor 5 Seringkali Dilewatkan

Simak 6 Penyebab AC Daikin Tidak Dingin, Nomor 5 Seringkali Dilewatkan

Penyebab AC Daikin tidak dingin--

RADAR TEGAL - Punya AC Daikin di rumah tetapi tiba-tiba tidak dingin dan mengeluarkan udara panas? Tanpa kita sadari ternyata inilah beberapa penyebab AC Daikin tidak dingin.

 

Masalah AC tidak dingin tentunya membuat kita merasa tidak nyaman apalagi di saat cuaca sedang panas-panasnya. Oleh karena itu penting kita cek penyebab AC Daikin tidak dingin.

 

Dengan mengetahui penyebab AC Daikin tidak dingin ini kita bisa menganalisa permasalahannya sendiri. Jadi Anda mungkin masih bisa menanganinya tanpa perlu menggunakan jasa teknisi AC.

 

Lantas apa saja penyebab AC Daikin tidak dingin? Di bawah ini kami akan berikan penjelasannya serta solusi mengatasinya.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Merk AC yang Cocok untuk Kamar, Daikin Paling Favorit

1. Filter udara kotor

 

Penyebab AC Daikin tidak dingin yang pertama yakni filter udara kotor. Jika filter AC tidak bersih atau tersumbat oleh debu maupun kotoran dapat menimbulkan berbagai masalah. 

 

Karena hal ini dapat mengganggu kinerja thermostat. Selain itu kotoran pada filter AC juga menghalangi aliran udara dingin dan panas ke dalam saluran. Bahkan bisa juga membuat coil evaporator membeku sehingga menghalangi aliran udara dingin dari saluran keluar. 

 

2. Freon habis

 

Kemudian tanpa disadari terkadang AC Daikin di rumah menjadi tidak dingin karena freon habis. Pasalnya freon ini merupakan komponen penting untuk AC.

 

Terkadang yang menyebabkan freon habis karena adanya kebocoran pada bagian pipa sirkulasi. Jadi ini bisa menjadi penyebab AC Daikin tidak dingin.

BACA JUGA: Memilih Jenis AC Sesuai dengan Kebutuhan, Mana yang Lebih Cocok untuk Sejukkan Ruangan dengan Cepat

3. Overload pada ampere kompresor

 

Ternyata overload pada ampere kompresor juga bisa menjadi penyebab AC Daikin tidak dingin. Sebenarnya jika kapasitor rusak bisa menjadi penyebabnya.

 

Namun jika kondisi kapasitor baik- baik saja, ampere kompresor kemungkinan melebihi batas normal. Jika penasaran kamu bisa cek sendiri di rumah dengan cara memeriksa besaran ampere, Anda bisa menggunakan clamp meter. Jepit pada bagian rahang tang ke kabel positif dan negatif.

 

4. Ukuran ruangan tidak sesuai kapasitas

 

Seperti kita ketahui AC merk apapun ini terdapat jenis pilihan misalnya 1/2PK, 1 PK, 2 PK. Kapasitas tersebut ini berhubungan dengan besar luasnya dengan ruangan yang akan dipasang AC nantinya. 

 

Jika Anda memiliki ruangan besar tetapi memasang AC hanya berukuran 1/2PK ini juga berpengaruh tidak bisa mendinginkan suhu ruangan secara efektif. Jadi saat memiliki niatan untuk memasang AC alangkah baiknya cek lebar ruangan terlebih dahulu.

BACA JUGA: 3 AC Portable Sharp Termurah Rp800 Ribu Cocok Untuk Pemasangan Ruangan Kecil, Kamar, Hingga Kantor

5. Kondisi ruangan

 

Tahukah Anda kalau ruangan ber-AC tetapi sering terkena paparan sinar matahari juga berpengaruh maka unit tidak bisa mendinginkan suhu secara maksimal. Selain itu penggunaan bahan bangunan misalnya dari semen dan pasir yang dipilih juga berpotensi membuat ruangan terasa lebih panas dan engap. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada kinerja AC.

 

6. Kondensor kotor

 

Untuk yang terakhir penyebab AC Daikin tidak dingin karena kondensor AC yang kotor. Kondensor ini terletak di luar dan berfungsi memanaskan freon pada suhu tertentu.

 

Jika kondensor kotor maka suhu pada AC akan berpengaruh oleh karena itu disarankan untuk membersihkannya secara rutin. Cara membersihkan kondensor kotor juga sangat mudah loh, yakni menggunakan air sabun lalu siram air bersih secara perlahan.

 

Nah jika dirasa sudah paham beberapa penyebab AC Daikin tidak dingin, maka Anda akan lebih mudah mengatasi permasalahannya. Jika penyebabnya cuma filter kotor, hal penting yang dilakukan adalah melakukan perawatan secara rutin supaya AC kembali bekerja seperti semula.

BACA JUGA: Daftar Tipe AC Panasonic Paling Laris, Bunuh Bakteri di Udara dan Berikan Kesejukan Maksimal

Namun jika dirasa kesulitan dan takut adanya kerusakan lebih parah mungkin ada baiknya menggunakan jasa teknisi servis AC. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait penyebab AC Daikin tidak dingin. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: