MG Motor Indonesia, Mobil Lokal Dibuat di Cikarang yang Siap Ekspor di 2024

MG Motor Indonesia, Mobil Lokal Dibuat di Cikarang yang Siap Ekspor di 2024

MOBIL LISTRIK - MG Motors Indonesia terus berkomitmen untuk menghadirkan kendaraan ramah lingkungan dengan harga terjangkau, memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.-(mgmotor.id)-

CIKARANG, radartegal.id - Pabrik MG Motor Indonesia di Cikarang, Jawa Barat, kini telah resmi beroperasi. Pabrik ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan mobil listrik di pasar domestik, tetapi juga siap untuk memasok pasar ekspor, terutama ke Australia. 

Industri otomotif saat ini sedang mengalami transformasi signifikan menuju elektrifikasi, dengan semakin banyak produsen kendaraan yang beralih fokus menggunakan teknologi listrik. Salah satunya adalah Morris Garage (MG).

MG Motors Indonesia telah menghadirkan dua model mobil listrik terbaru untuk konsumen di tanah air, yaitu MG4 EV dan MG ZS EV. Keduanya kini dirakit secara lokal di Cikarang. 

Arief Sherifuddin, Marketing and Public Relations Director MG Motors Indonesia, mengatakan bahwa meskipun perakitan lokal baru dimulai pada awal tahun ini, pihaknya siap melayani permintaan ekspor pada akhir tahun 2024.

BACA JUGA: Neta V-II yang Sukses Kalahkan Penjualan Mobil Listrik China Ternyata Dirakit di Bekasi

"Kendaraan produksi dalam negeri ini akan kami ekspor ke negara-negara yang sudah ada pasar MG di sana. MG memiliki jangkauan pasar yang luas, yakni di 84 negara. Pasar paling dekat adalah Asia Tenggara dan Australia," kata Arief. 

Saat ini, MG sudah berencana untuk mengekspor mobil MG ZS EV ke Australia pada kuartal keempat 2024. Sementara itu, untuk MG4 EV, fokus masih pada penyediaan di pasar lokal.

Tak hanya Australia, MG juga menargetkan ekspor ke negara-negara lain seperti Vietnam dan Filipina. Sebagai informasi, pabrik MG di Cikarang menggunakan fasilitas milik SG Motor International yang telah dilengkapi dengan teknologi terdepan, termasuk lini produksi otomatis, pusat pengujian kualitas, dan fasilitas perakitan baterai yang canggih.

Produksi lokal MG4 EV dimulai sebagai bagian dari langkah mendapatkan subsidi dari pemerintah Indonesia. Presiden Joko Widodo telah menyatakan komitmen untuk mendukung kendaraan ramah lingkungan dengan harga terjangkau. 

"Kami telah melakukan komunikasi dengan pemerintah guna membicarakan rencana investasi dan produksi dalam negeri," tambah Arief yang kami kutip dari AUTO MANIA Sein, 3 Juni 2024.

BACA JUGA: Jeep Rubicon Versi Harga Murah, Mobil China Baic BJ40 Plus Ini Bikin Iri Pemilik Pajero dan Fortuner

Spesifikasi dan Keunggulan MG4 EV

MG4 EV dibekali baterai lithium-ion dengan kapasitas 51 kWh, yang memungkinkan mobil ini melaju hingga 450 km. Waktu pengisian daya terbilang singkat karena telah dilengkapi fitur DC fast charging, yang memungkinkan pengecasan dari 20% ke 80% hanya dalam waktu 35 menit. 

Sumber: