Mengenal Upacara Usaba di Bali, Dilakukan Sebagai Bentuk Penghormatan Dewa-dewa

Mengenal Upacara Usaba di Bali, Dilakukan Sebagai Bentuk Penghormatan Dewa-dewa

Mengenal Upacara Usaba di Bali, Dilakukan Sebagai Bentuk Penghormatan Dewa-dewa pict-istockphoto--

 

2. Menjalin komunikasi supaya tidak terputus

Kedua, Upacara Usaba di Bali juga dilakukan dengan tujuan menjalin komunikasi supaya tidak terputus. Upacara ini juga dianggap sebagai kesempatan emas bagi seluruh masyarakat desa atau daerah untuk berkumpul, berkomunikasi, dan bersosialisasi.

Sehingga dengan dilakukannya Upacara Usaba, diharapkan dapat memperkuat ikatan sosial antara anggota masyarakat dan memupuk rasa solidaritas.

3. Menjaga keseimbangan alam

Ketiga, Upacara Usaba di Bali dilakukan untuk menjaga keseimbangan alam. Sebagian besar upacara adat di Bali, termasuk Upacra Usaba salah satunya dilakukan juga dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan alam dan hubungan harmonis antara manusia dengan alam semesta.

Upacara Usaba ini akan dilakukan dengan memberikan persembahan dan melakukan ritual-ritual tertentu. Masyarakat sangat mengharapkan dengan dilakukannya upacara ini mampu memperoleh dukungan dan keselarasan dengan alam.

BACA JUGA:Calon Pengantin Wajib Siapkan Mental, Ini 5 Tradisi Khas Pernikahan di Tegal yang Masih Eksis

4. Melestarikan budaya

Keempat, Upacara Usaba di Bali dilakukan juga sebagai sarana melestarikan budaya. Oleh karenanya, dilakukannya upacara ini sekaligus dianggap sebagai bentuk ekspresi keberagaman budaya dan kepercayaan spiritual yang kaya di Bali.

Harapannya tradisi upacara adat ini dilakukan agar bisa diwariskan pada generasi-generasi baru.

Yuk kita jaga selalu adat istiadat dan tradisi di Indonesia supaya tetap menjadi ciri khas negri ini, jangan sampai punah. 

Nah itu dia tadi pembahasan artikel dari radar tegal dengan judul mengenal Upacara Usaba di Bali yang dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada dewa-dewa. Semoga bermanfaat.

Sumber: