Mengenal Upacara Usaba di Bali, Dilakukan Sebagai Bentuk Penghormatan Dewa-dewa

Mengenal Upacara Usaba di Bali, Dilakukan Sebagai Bentuk Penghormatan Dewa-dewa

Mengenal Upacara Usaba di Bali, Dilakukan Sebagai Bentuk Penghormatan Dewa-dewa pict-istockphoto--

BALI, radartegal.id - Membicarakan soal Bali yang terbesit pertama dibayangan adalah pantai dan keindahan alamnya yang mempesona, namun perlu diketahui Bali punya tradisi yang terus terjaga sampai saat ini. Pas banget nih, pada arikel kali ini kami akan bahas salah satu tradisi Upacara Usaba di Bali yang masih dilakukan oleh masyarakatnya.

Banyaknya upacara yang masyarakat Bali lakukan biasanya memiliki tujuan tersendiri, ada yang untuk menghormati leluhur, meminta perlindungan, dll. Pada artikel kali ini kami akan mengajak kalian untuk mengenal Upacara Usaba di Bali.

Upacara Usaba sendiri dilakukan karena ada pemaknaannya tersendiri dan dilakukan sebagai bentuk menjaga budaya dan tradisi supaya keberadannya masih bisa diberlangsungkan terus menerus. Untuk itu, lebih lengkapnya yuk baca artikel kami tentang Upacara Usaba di Bali.

Tak usah berlama-lama lagi, mari kita simak bareng artikel radar tegal tentang Upacara Usaba di Bali tersebut. Benarkan sebagai bentuk penghormatan pada dewa-dewa?

BACA JUGA:4 Makna Penting dalam Tradisi Moci di Tegal, Bukan Sekedar Minum Teh saat Bersantai

Mengenal Upacara Usaba di Bali

Upacara Usaba adalah jenis upacara adat yang memiliki makna penting bagi kehidupan masyarakat Bali. Konon upacara ini dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada roh atau dewa-dewa yang diyakini mendiami sebuah desa pada daerah tertentu di Bali.

Upacara Usaba biasanya diadakan dengan serangkaian ritual yang melibatkan prosesi, memberikan persembahan, adanya tarian-tarian, dan juga musik tradisional. Seluruh prosesi upacara Usaba akan dipimpin oleh pemuka agama Hindu setempat.

Setiap desa atau daerah di Bali diketahui punya Usaba tersendiri, dimana upacara ini akan diadakan secara tahunan atau sesuai dengan penanggalan Bali.

Berikut adalah tujuan dilakukannya Upacara Usaba:

1. Meminta perlindungan

Pertama, Upacara Usaba di Bali dilakukan dengan tujuan meminta perlindungan. Perlu diketahui, bahwasannya masyarakat di Bali memang mempercayai adanya roh atau dewa-dewa yang dalam Usaba dianggap punya peran penting untuk menjaga kesejahteraan dan memberikan perlindungan pada masyarakat desa atau daerah tersebut.

BACA JUGA:Aja Kosih Klalen! 6 Permainan Tradisional di Tegal, Menemani Masa Kecil Kalian Sebelum Ada Gadget

Konon roh-roh tersebutlah yang memberikan perlindungan kepada masyarakat yang melakukan upacara tersebut.

Sumber: