7 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Primbon Jawa, Benarkah Akan Kehilangan Orang yang Disayang?

7 Mitos Kejatuhan Cicak Menurut Primbon Jawa, Benarkah Akan Kehilangan Orang yang Disayang?

Mitos kejatuhan cicak menurut primbon Jawa --Tangkap layar YouTube Touching TV

Radartegal.id- Mitos kejatuhan cicak pastinya sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Konon katanya akan kehilangan orang yang disayang dan berbagai pertanda lainnya.

 

Cicak merupakan hewan melata yang dikenal memancarkan hal negatif bagi manusia. Bahkan dalam kepercayaan primbon Jawa kalau mitos kejatuhan cicak menandakan akan datangnya kesialan.

 

Sedangkan dalam kepercayaan tradisi Hindu kalau mitos kejatuhan cicak pada bagian kepala dipercaya akan muncul seseorang yang akan mengganggu ketenangan dalam hidup kita. 

 

Dikutip dari kanal YouTube Touching TV, berikut ini adalah mitos kejatuhan cicak yang memiliki pertanda berbeda-beda:

BACA JUGA: 5 Mitos tentang Hewan Mitologi Kuda Sembrani, Sering Dianggap Mirip Pegasus dari Yunani

BACA JUGA: Mitos Candi Gedong Songo di Semarang, Versi Lain Rama vs Dasamuka Saat Merebutkan Dewi Shinta

Mitos kejatuhan cicak

 

1.Kehilangan Orang yang Disayang

 

Mitos kejatuhan cicak pertama memiliki arti akan kehilangan orang yang disayang. Jadi jika anggota tubuh kamu kejatuhan cicak dipercaya akan terjadi hal buruk pada orang-orang tersayang.

 

Bahkan paling mengerikannya lagi bisa juga sebagai pertanda akan datangnya berita duka. Selain itu bisa juga orang yang kejatuhan cicak akan bertikai dengan teman, sahabat maupun pacar.

 

2. Akan Sakit

 

Berikutnya kalau kamu kejatuhan kotoran cicak pertanda akan sakit. Konon katanya kalau cicak digunakan para dukun untuk mengirim santet ataupun sakit.

 

Oleh karena itu maka banyak orang- orang yang menghindari hewan melata tersebut saat berada di atas kepala.

BACA JUGA: Mitos Tidak Boleh Potong Rambut Suami Selama Istri Hamil di Bali, Benarkah untuk Menolak Hal Energi Negatif?

BACA JUGA: 6 Mitos yang Berkaitan dengan Anjing, Banyak Disebut Hewan Penghubung dengan Dunia Gaib

3. Nasib Buruk

 

Mitos kejatuhan cicak pada bagian kaki maupun paha menurut tradisi hindu menjadi pertanda akan mengalami nasib buruk. Biasanya hal ini berhubungan dengan kerugian finansial, kesehatan menurun maupun rencana masa depan yang selalu gagal.

 

4. Pertanda Baik

 

Mitos kejatuhan cicak tak selalu menjadi pertanda hal buruk. Salah satunya yang dipercaya kalau kamu kejatuhan cicak di tangan menjadi pertanda baik.

 

Hal ini pada umumnya bisa berarti orang yang kejatuhan akan mendapatkan pekerjaan baru, keuangan lancar dan apresiasi dari orang sekitar. Bahkan menurut orang Eropa kalau cicak merayap di tangan pertanda bahwa orang tersebut akan menolong banyak orang.

 

5. Kehancuran

 

Berikutnya menurut kepercayaan Hindu kalau cicak jatuh di punggung memiliki pertanda akan mengalami kehancuran. Jadi seseorang tersebut akan menanggung semua beban yang berat dalam hidup. 

BACA JUGA: 8 Arti Mitos Kupu-Kupu Masuk Rumah, Salah Satunya Akan Membawa Hoki Bagi Anda

BACA JUGA: Mitos Bunga Kusuma Wijaya, Salah Satunya Bisa Mendatangkan Jodoh Lho

Akan tetapi menurut kepercayaan Hindu kalau seseorang kejatuhan cicak di pantat justru sebagai pertanda baik. Salah satunya seperti mendapatkan teman baru, keuangan melimpah maupun performa kerja meningkat.

 

6. Musibah

 

Mitos kejatuhan cicak di paha memiliki pertanda sebagai musibah dari orang lain. Namun kalau cicak jatuh di paha bagian sebelah kanan artinya musibah disebabkan oleh orang yang kita kenali.

 

Kalau kejatuhan cicak di paha sebelah kiri memiliki arti musibah disebabkan oleh orang yang tidak kita kenali sebelumnya.

 

7. Anggota Keluarga akan Meninggal

 

 

Selanjutnya jika mengalami kejatuhan cicak di kepala dipercaya anggota keluarga akan meninggal dunia. Namun menurut mitos lainnya kalau kejatuhan cicak di kepala akan mengalami musibah maupun kecelakaan.

 

BACA JUGA: Mitos Penunggu Sungai Pemali di Brebes, Kerap Minta Tumbal Setahun Sekali

 

BACA JUGA: Mitos pada Zaman Jayabaya yang Ramalannya Masih Dipercaya Sampai Hari Ini

 

Itulah dia mitos kejatuhan cicak pada bagian anggota tubuh yang memiliki pertanda berbeda-beda. Namun di era zaman sekarang mungkin mengenai mitos ini sebagian masih mempercayai dan ada juga yang tidak percaya.

 

Hal itu kembali ke kepercayaan diri masing-masing yah. Terima kasih telah membaca, semoga bermanfaat.

Sumber: youtube