Mitos Candi Gedong Songo di Semarang, Versi Lain Rama vs Dasamuka Saat Merebutkan Dewi Shinta

Mitos Candi Gedong Songo di Semarang, Versi Lain Rama vs Dasamuka Saat Merebutkan Dewi Shinta

mitos candi gedong songo di semarang--

SEMARANG, radartegal.id - Semarang memang terkenal dengan wisata alamnya yang juara. Seperti mitos candi gedong songo yang terkenal sampai saat ini yang masih dipercaya masyarakat sekitar.

Menurut masyarakat, mitos candi gedong songo merupakan peninggalan bangunan dari umat Hindu. Bahkan candi ini dahulunya sebagai tempat pemujaan dewa-dewa. 

Meskipun banyak wisata yang mengunjungi untuk sekedar liburan dan berfoto-foto. Ternyata candi gedong songo memiliki mitos yang bikin merinding bagi pendengar. 

Berikut mitos candi gedong songo yang terletak di gunung ungaran, kabupaten Semarang. Mari kita simak artikel beriktu ini.

BACA JUGA: 3 Kisah Misteri Lawang Sewu di Semarang yang Mengundang Penasaran, Nomor 2 Bikin Merinding

BACA JUGA: Mitos Penunggu Sungai Pemali di Brebes, Kerap Minta Tumbal Setahun Sekali

Mitos candi gedong songo

Sejarah Candi Gedong Songo merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Mataram Kuno di bawah kekuasaan Sanjaya. Candi ini berlokasi di Gunung Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah yang banyak menyimpan cerita mistis.

Konon menurut mitos masyarakat setempat, Candi Gedong Songo menjadi salah satu candi dengan karakter aura alam gaib yang kuat dan terkenal mistik. Sesuai dengan namanya candi ini terdiri atas sembilan candi, berderet bawah ke atas yang dihubungkan dengan jalan setapak bersemen. 

Babad Tanah Jawi tulisan Soedjipto Abimanyu, mengisahkan kompleks Candi Gedong Songo ini dibangun oleh Putra Sanjaya Raja Mataram Kuno pada sekitar abad ke-7 Masehi. 

Melihat langgam arsitektur dan pendirinya yang beragama Hindu, Candi Gedong Songo jelas merupakan candi Hindu yang dibangun untuk tujuan pemujaan.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Tempat Liburan di Semarang, Cocok untuk Agenda Jalan-jalan Libur Nataru 2023

 

Sumber: