5 Mitos tentang Hewan Mitologi Kuda Sembrani, Sering Dianggap Mirip Pegasus dari Yunani

5 Mitos tentang Hewan Mitologi Kuda Sembrani, Sering Dianggap Mirip Pegasus dari Yunani

Ilustrasi. 5 mitos tentang Kuda Sembrani-freepik-

Radartegal.id – Artikel ini membahas sejumlah mitos tentang Kuda Sembrani yang merupakan salah satu hewan mitologi Indonesia. Sosok ini sudah cukup terkenal dan bahkan jadi legenda di Nusantara.

Mitos tentang Kuda Sembrani ini dipercaya sebagai salah satu kendaraan dewa atau raja tertentu pada masanya. Ia dikenal memiliki kekuatan yang luar biasa, terutama ketika terbang.

Tidak hanya itu, ada beberapa mitos lainnya tentang Kuda Sembrani yang tidak sedikit dipercaya oleh orang-orang. Makhluk mitologi ini juga masuk dalam cerita pewayangan yang sudah diceritakan dari generasi ke generasi.

Untuk selengkapnya, berikut 5 mitos tentang Kuda Sembrani yang sering beredar sejak dulu. Mulai dari penciptaannya, kekuatannya, sampai penampilannya.

BACA JUGA: 5 Mitos Makhluk Mitologi Orang Bati yang Terkenal di Maluku, Mirip Kera Besar Bersayap Kelelawar

BACA JUGA: Mitos Candi Gedong Songo di Semarang, Versi Lain Rama vs Dasamuka Saat Merebutkan Dewi Shinta

5 Mitos tentang Kuda Sembrani

Kuda Sembrani termasuk salah satu makhluk mitologi di Indonesia yang cukup terkenal. Ada sejumlah mitos soal hewan mitologi ini, berikut di antaranya.

1. Penciptaan 

Kuda Sembrani diceritakan awal kehadirannya dibuat oleh dewa atau makhluk gaib lain. Tujuannya untuk membantu manusia saat pertempuran maupun tugas-tugas lainnya.

Makhluk ini digambarkan menyerupai kuda tetapi memiliki sayap. Dalam cerita pewayangan, Sembrani merupakan kuda tunggangan Batara Wisnu. 

Ia dipercaya sebagai tunggangan raja-raja Indonesia dalam sejarah untuk bepergian. Menariknya, mitos menyebutkan bahwa Kuda Sembrani mampu terbang sampai berkilo-kilo meter jauhnya. 

BACA JUGA: Terkuak Mitos Kupu-kupu yang Masuk ke dalam Rumah Membawa Pesan Mistis, Inilah Mitologi Terkait Kisahnya

Sumber: