Dibangun 1750-an, Sejarah Gedung DPRD Kota Tegal Ternyata Punya Nama Lain Resident Huis

Dibangun 1750-an, Sejarah Gedung DPRD Kota Tegal Ternyata Punya Nama Lain Resident Huis

LOKAL - Sejarah gedung DPRD Kota Tegal --

BACA JUGA: Ada yang Sudah Berumur 200 Tahun, Ini 4 Masjid Bersejarah di Tegal yang Masih Digunakan sampai Sekarang

Setelah ditetapkannya Tegal sebagai ibukota Residen, pemerintah kolonial mengangkat seorang Residen di Tegal.

Penetapan Tegal sebagai karesidenan dan ibukota karesidenan dapat dilacak melalui Regeering Almanak van Nederlandsdsch Indie tahun 1824-1832.

Sebuah sumber menyebutkan bangunan yang merupakan kediaman resmi Residen Tegal sudah berdiri tahun 1750-an oleh Mathijs Willem de Man (1720-1763). Karesidenan Tegal membawahi wilayah Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal dan Kabupaten Pemalang.

Sejarah gedung DPRD kota Tegal pada tahun 1910 bangunan ini dialihkan menjadi kantor Asisten Residen Tegal yang tergabung dalam wilayah karesidenan Pekalongan.

BACA JUGA:Ada yang Sudah Berumur 200 Tahun, Ini 4 Masjid Bersejarah di Tegal yang Masih Digunakan sampai Sekarang

Penetapan Tegal menjadi bagian karesidenan Pekalongan ditetapkan dalam Staatsblad 170/1905, Aantoonede de administratie ve Indeeling de Residentie Pekalongan, tertanggal 28 Februari 1905. 

Pasca kemerdekaan tahun 1950an, bangunan DPRD ini difungsikan sebagai Balaikotapraja Tegal. Sedangkan untuk Kabupaten Tegal berada di Pendopo Alun-alun Kota Tegal sekarang. Sebelum nantinya pindah ke Slawi.

Perubahan fungsi kembali terjadi di tahun 1987 diubah menjadi gedung DPRD, sedangkan Balai Kota dipindah ke lokasi saat ini di Pendopo Ki Gede Sebayu, Selatan Alun-Alun Kota Tegal.

Sementara Pemerintah Kabupaten berpindah ke sisi selatan Kota Tegal, tepatnya di kecamatan Slawi yang dijadikan ibukota Kabupaten Tegal.

BACA JUGA: Berdiri Sejak Tahun 1931, Begini Sejarah Berdirinya Bangunan Waterleideng Tegal

Kesimpulan

Dengan mengetahui sejarah gedung DPRD kota Tegal, wawasan dalam sejarah bisa semakin bertambah luas sehingga lebih dekat mengenal sisi lain kota Tegal itu sendiri. Gedung ini beralihfungsi yang dulu pusat perdagangan zaman kolonial Belanda, yang dikenal dengan Resident Huis. Kemudian setelah mengalami kemerdekaan mengalami perubahan menjadi Balaikotapraja Tegal, dan sekarang menjadi gedung DPRD kota Tegal.

Demikian informasi mengenai sejarah gedung DPRD kota Tegal. Semoga bermanfaat. 

Sumber: