Ada yang Sudah Berumur 200 Tahun, Ini 4 Masjid Bersejarah di Tegal yang Masih Digunakan sampai Sekarang

Ada yang Sudah Berumur 200 Tahun, Ini 4 Masjid Bersejarah di Tegal yang Masih Digunakan sampai Sekarang

--

TEGAL, radartegal.id - Sebagian dari kita pasti ingin mengetahui lebih dalam mengenai bangunan masjid bersejarah di Tegal, sebagai tambahan informasi maupun ilmu pengetahuan. Mari simak lebih dalam artikel ini.

Dengan adanya masjid bersejarah di Tegal mempunyai bukti kuat bahwa Islam merupakan salah satu pusat peradaban paling maju yang terus berkembang sampai sekarang. Hal ini dibuktikan dengan bangunan yang didirikan para wali.

Menurut sejarah wilayah Tegal sendiri masuk dalam wilayah kerajaan Majapahit dan Mataram yang pada saat itu dipimpin oleh beberapa raja tersohor. Hal ini yang mendasari masjid bersejarah di Tegal mulai bermunculan.

BACA JUGA: Sejarah Berdirinya Masjid Tukul di Tegal, Ternyata Dibuat Seorang Wali

Kemudian apa saja masjid bersejarah di Tegal yang masih ramai digunakan untuk ibadah hingga sekarang. Kita telusuri bersama. Simak sampai selesai.

Masjid bersejarah di Tegal

1. Masjid Kewalian Kalisoka 

Masjid peninggalan wali yang ada di Kabupaten Tegal yang menjadi sejarah juga awal mulanya Tegal. Masjid ini konon sudah ada sebelum Ki Gede Sebayu datang ke Tegal sekitar tahun 1590-an.

Namun beliau merenovasi bangunan masjid tersebut dengan manambahkan soko guru dari kayu jati yang sebelumnya disayembarakan oleh beliau. Dari sinilah muncul daerah Slawi.

BACA JUGA: Uniknya Masjid di Rest Area Banjaratma, Brebes, Tanpa Kubah dengan Ornamen Penuh Tumpukan Batu Bata Merah

Saat Ki Gede Sebayu datang, masjid ini kondisinya memprihatinkan. Kemudian diperbaiki dan diganti soko gurunya. Konon beberapa peninggalan beliau yang masih asli masih bisa ditemukan salah satunya jendela masjid, mimbar khotib, tempat wudhu, dan jam matahari.

Meskipun bentuknya sudah banyak berubah, namun bangunan utamanya masih sangat kental dengan sejarah.

2. Masjid Al-Ma'ruf Slawi

Sumber: