Meriah, Expo Slawi Ageng 2024 Diikuti Ratusan Stand UMKM di Kabupaten Tegal

Meriah, Expo Slawi Ageng 2024 Diikuti Ratusan Stand UMKM di Kabupaten Tegal

Pj Bupati Tegal buka Expo Slawi Ageng 2024 yang diikuti ratusan UMKM di Kabupaten Tegal--

TEGAL, radartegal.id – Gelaran Expo Slawi Ageng 2024 sebagai rangkaian puncak perayaan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal diikuti ratusan tenant UMKM. Kesempatan itu pun dimanfaatkan para pelaku UMKM mendulang keuntungan.

Termasuk Shanum Ecoprint dengan produk fesyen ecoprint. Bahkan, pada hari pertama pembukaan mampu membukukan omset Rp4,1 juta.

Gelaran Expo Slawi Ageng 2024 sendiri resmi dibuka Pj Bupati Tegal Agustyaryah dari panggung utama di Lapangan Pemda, Rabu (22/05/2024) malam yang menyempatkan diri meninjau stand. Ikut mendampingi Kepala KPw BI Tegal Marwadi, perwakilan kementerian dan provinsi serta unsur Forkopimda Kabupaten Tegal meninjau stand pameran.

Kegiatan tersebut memamerkan aneka produk UMKM dan ekonomi kreatif dari gabungan klaster binaan BI Tegal, Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Tegal, Kementerian Koperasi dan UKM hingga pemerintah kecamatan. Selain itu, diramaikan banyak acara hiburan seperti pertunjukan musik Band Ungu 25 Mei 2024 mendatang.

BACA JUGA: Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal, Pemkab Tegal bersama BI Tegal Gelar Slawi Ageng 2024

BACA JUGA: Konser Ungu Akan Meriahkan Pesta Rakyat Slawi Ageng Hari Jadi Kabupaten Tegal ke-423, Catat Tanggalnya

Pj. Bupati Tegal Agustyarsyah bahkan meluncurkan sound of moci Slawi Kota Teh Wangi Dunia. Pada kesempatan itu, dirinya mengatakan momentum itu, juga digelar acara moci bareng untuk mengenalkan Kota Slawi sebagai Kota Teh Melati Dunia, Jasmine Tea City sebagai cikal bakal branding Kota Slawi ke depan.

"Keikutsertaan pelaku UMKM di ajang pameran seperti ini mampu meningkatkan daya jual produknya di pasar konsumen. Selain omzet penjualannya yang juga meningkat," katanya.

Agustyarsyah juga berharap akan banyak uang beredar dari setiap transaksi yang tercipta untuk menggerakkan perekonomian lokal. Pengunjung pun diminta bisa ikut mendokumentasikan kemeriahan expo semenarik mungkin dan mengunggahnya ke media sosial.

“Ajak keluarga, kerabat dan tetangga untuk datang dan berkunjung ke sini. Borong sebanyak mungkin produk yang ada,” katanya.

BACA JUGA: Ada Karya Ecoprint di Slawi Ageng Expo 2023, Ternyata Pembuatnya Anak-anak

BACA JUGA: Setelah Job Fair, Giliran Pesta Rakyat Slawi Ageng Jadi Jujukan Masyarakat

Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal Amir Makhmud mengatakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-423 Kabupaten Tegal ini terdiri dari dua acara. Yaitu acara pokok dan acara pendukung.

"Rangkaian acara pokok sudah terlaksana sejak 13-18 Mei 2024 yang terdiri dari ziarah kubur ke makam tokoh pendiri Kabupaten Tegal, pengambilan pusaka dan pataka. Kemudian kirab pusaka dan pataka, khotmil quran dan tasyakuran serta ditutup dengan rapat paripurna istimewa DPRD," ujarnya.

Sumber: