Setelah Job Fair, Giliran Pesta Rakyat Slawi Ageng Jadi Jujukan Masyarakat

Setelah Job Fair, Giliran Pesta Rakyat Slawi Ageng Jadi Jujukan Masyarakat

Bupati Tegal Umi Azizah berkesempatan mengunjungi salah satu stand OPD digelaran Pesta Rakyat Slawi Ageng Expo.-Hermas Purwadi-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID – Setelah sukses gelar Job Fair, dalam rangka memperingati HUT ke-422 Kabupaten Tegal, Bupati Tegal Umi Azizah secara resmi membuka perhelatan Pesta Rakyat Slawi Ageng Expo 2023, Rabu 24 Mei 2023 malam.

Perhelatan ini merupakan perayaan besar-besaran pertama setelah berakhirnya Pandemi Covid-19, sehingga masyarakat Kabupaten Tegal antusias memadati lapangan Pemkab Tegal dalam prosesi pembukaan.

Kegiatan dimeriahkan sejumlah hiburan seperti band, tari modern dan tradisional, tembang Tegalan dan ketoprak. 

Hal ini membuat acara pembukaan Pesta Rakyat tersebut berlangsung meriah. 

BACA JUGA:Gratis! 150 Gerobak Makanan Disediakan untuk Sound of Moci di Slawi

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Ahmad Uwes Qoroni menjelaskan, makna dari nama pesta rakyat tersebut yaitu Slawi Ageng. "Ageng artinya besar, sesuai dengan rangkaian acara HUT ke-422 Kabupaten Tegal lengkap dan besar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya terlebih saat dilanda pandemi. Untuk itu, Pesta Rakyat ini diharapkan dapat menjadi sarana hiburan yang membangkitkan semangat masyarakat untuk merasa memiliki dan bangga pada Kabupaten Tegal," ujarnya Kamis 25 Mei 2023.

Ditegaskan bahwa pesta rakyat ini diselenggarakan sebagai ajang promosi dan informasi peluang investasi bagi produk-produk komoditas unggulan Kabupaten Tegal. 

"Harapannya kegiatan ini dapat menciptakan wahana interaksi bisnis dan menjalin kerja sama saling menguntungkan antar pelaku usaha, pembeli dan investor. Sehingga bisa meningkatkan volume perdagangan produk unggulan industri, terknologi, wisata dan SDM di Kabupaten Tegal,” cetusnya.

Sementara itu Bupati Tegal Umi Azizah menuturkan bahwa selama pandemi Covid-19 seluruh kegiatan di bidang ekonomi hampir lumpuh. 

BACA JUGA:Pesta Rakyat, Bupati Tegal Beri Penghargaan Pemilik Warteg dan Pencipta Lagu Tegalan

"Pariwisata tutup, warung banyak yang gulung tikar dan pekerja di luar kota banyak PHK. Oleh karena itu Pesta Rakyat ini diharapkan bisa dimanfaatkan agar ekonomi Kabupaten Tegal bangkit, tumbuh, dan berkembang sesuai tema Melangkah Maju," ungkapnya.

Umi berharap produk UMKM Kabupaten Tegal lebih dikenal oleh masyarakat. Tidak kalah kualitasnya dengan daerah lain.

"Saya sendiri, baju yang saya pakai buatan daerah Bengle. Sepatu yang saya pakai buatan Dukuhturi. Kewajiban kami untuk memperkenalkan produk Kabupaten Tegal agar kita semuanya lebih mencintai produk sendiri,” terangnya.

Pesta Rakyat Slawi Ageng Expo 2023 menyajikan puluhan stand makanan UMKM, dinas instansi dan komunitas masyarakat. 

Sumber: