Ada Karya Ecoprint di Slawi Ageng Expo 2023, Ternyata Pembuatnya Anak-anak

Ada Karya Ecoprint di Slawi Ageng Expo 2023, Ternyata Pembuatnya Anak-anak

KUNJUNGI STAND - Kepala SMP Negeri 1 Kramat, Hening Haryanti (tiga dari kiri) menyambut kedatangan Bupati Tegal Umi Azizah saat berkunjung ke stand pameran Ecoprint, bersama Plt Kepala Dinas Dikbud, Kepala BI Tegal dan Asisten 2 Kabupaten Tegal, Jumat, 26-YERI NOVELI/RADAR SLAWI-

SLAWI, RADARTEGAL.DISWAY.ID - Slawi Ageng Expo 2023 memamerkan banyak karya selama berlangsung. Salah satu yang dipamerkan adalah berbagai karya ecoprint.

Pameran ecoprint di ajang Slawi Ageng Expo 2023 ini menjadi salah satu tempat yang banyak peminatnya. Banyak masyarakat dan pengunjung lainnya yang menanyakan cara membuat ecoprint. 

Namun, siapa sangka jika karya tersebut ternyata dibuat oleh anak-anak. Ya, produk tersebut merupakan hasil karya siswa SMP Negeri 1 Kramat. 

Untuk menjawab rasa penasaran pengunjung, guru SMP Negeri 1 Kramat yang juga sebagai guru pembimbing ecoprint selalu menjelaskan kepada para pengunjung.

Stand sekolahnya yang berada di sebelah timur pintu gerbang kantor Pemkab Tegal itu, juga dikunjungi oleh Bupati Tegal Umi Azizah.

BACA JUGA:Tegal Mendapat Julukan Jepangnya Indonesia, Bank Indonesia Ungkap Alasannya

Selain itu ada Plt Kepala Dinas Dikbud Kabupaten Tegal Fakihurrohim, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Tegal Taufik Amrozi, Asisten II Sekda Kabupaten Tegal Hendadi Setiaji dan sejumlah pejabat lainnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Tegal sangat mengapresiasi hasil karya siswa-siswi SMP Negeri 1 Kramat yang telah berhasil memproduksi ecoprint.

Umi Azizah mengatakan, ecoprint adalah salah satu produk ekraf yang memiliki dampak turunan dan mutliplier effect cukup panjang untuk menggerakkan sub sektor ekraf lainnya.

Menurut Umi, produk fesyen seperti batik ecoprint kini banyak digandrungi penggemar fesyen.

"Bahkan selalu dieksplorasi oleh para pelaku seni kreasi teknik cetak daun, bunga dan tangkai di atas lembaran kain, kulit dan juga material lainnya,” ujarnya.

Produk jadi ecoprint yang sudah bermotif dan berpola ini bisa dibuat aneka produk seperti tas dan sepatu.

"Saya sangat mendukung dan bangga terhadap siswa siswi serta guru pembimbing dan penggerak SMP Negeri 1 Kramat. Semoga sukses selalu," tandasnya. 

BACA JUGA:Buku Ki Enthus Susmono Diluncurkan, Bupati Tegal Umi Azizah Mengisahkan Kenakalannya

Sumber: