Tegal Jepangnya Indonesia, Ini Sejarah dan Awal Mula Julukan Itu Muncul

Tegal Jepangnya Indonesia, Ini Sejarah dan Awal Mula Julukan Itu Muncul

--

Lebih dahsyat lagi, semua produk industri tersebut hanya dikerjakan dengan alat dan mesin standar serta bahan baku rongsokan yang dikerjakan di bengkel rumahan.Bengkel-bengkel sederhana atau industri logam rumahan itu pun akhirnya tersebar di beberapa kecamatan di Tegal, pusatnya ada di Kecamatan Adiwerna dan Talang.

Industri peleburan dan perajin logam berada di Kecamatan Adiwerna ada di Desa Tembok Luwung, Kalimati, Adiwerna, dan Pesarean. Sementara di Kecamatan Talang tersebar di Desa Pesayangan, Talang, dan Kebasen.

Tahun 1982 bisa dikatakan sebagai masa kejayaan industri logam di Kabupaten Tegal. Pada masa ini, industri logam di Tegal sudah bisa memenuhi kebutuhan di berbagai sektor.Bersamaan dengan kesuksesan tersebut, diadakan peresmian LIK Takaru. Jika mendengar nama tersebut, bukan tidak mungkin ada yang mengira itu adalah unit perusahaan asal Jepang.

LIK Takaru atau Lingkungan Industri Kecil Talang Cempaka Baru adalah sentra Industri logam Tegal yang sudah ada sejak Indonesia belum merdeka.

BACA JUGA: Sejarah Tegal yang Istimewa dengan Juru Demung Ki Gede Sebayu Penuh Perjuangan, Ini di Balik Kisahnya

Kesimpulan 

Julukan Tegal sebagai Jepangnya Indonesia ini diberikan bukan karena ada kesamaan kondisi alam antara Kabupaten Tegal dengan Negara Jepang. Namun, hal itu berkat sentra industri logam yang menjamur di beberapa kecamatan di Kabupaten Tegal.

Demikian informasi mengenai sejarah julukan Tegal sebagai jepangnya Indonesia. Semoga bermanfaat.

Sumber: