Tegal Jepangnya Indonesia, Ini Sejarah dan Awal Mula Julukan Itu Muncul

Tegal Jepangnya Indonesia, Ini Sejarah dan Awal Mula Julukan Itu Muncul

--

TEGAL, radartegal.id- Kabupaten Tegal sering dikenal dengan julukan Kota Bahari karena perkembangan industri galangan kapal di sana. Namun siapa sangka selain memiliki julukan Kota Bahari Kabupaten Tegal pernah mendapat julukan sebagai Jepangnya Indonesia. 

Julukan Tegal sebagai Jepangnya Indonesia ini diberikan bukan karena ada kesamaan kondisi alam antara Kabupaten Tegal dengan Negara Jepang. Namun, hal itu berkat sentra industri logam yang menjamur di beberapa kecamatan di Kabupaten Tegal.

Julukan Tegal sebagai Jepangnya Indonesia  tersebut juga diberikan lantaran masyarakat Kabupaten Tegal dikenal andal di bidang industri logam, baik untuk membuat piranti perkapalan, pertanian, onderdil, hingga perhiasan

Usut punya usut julukan Tegal sebagai Jepangnya Indonesia ini dikenal tak lengkang dari sejarah  penjajahan Belanda dan Jepang di Indonesia. Simak sampai selesai.

BACA JUGA: Satu-satunya di Indonesia, Begini Sejarah Lampu Merah Gantung di Perempatan Jalan Veteran Kota Tegal

BACA JUGA: Berdiri Sejak Tahun 1931, Begini Sejarah Berdirinya Bangunan Waterleideng Tegal

Sejarah Julukan Tegal Sebagai Jepangnya Indonesia

Menurut sejarahnya, sekitar tahun 1942-1944 Tegal menjadi pusat pendidikan dan pelatihan bagi tentara Jepang selama masa pendudukan Jepang di Indonesia. Selama periode ini, banyak bangunan dan infrastruktur modern didirikan di Tegal, seperti jalan raya, jalur kereta api, bandara, dan instalasi listrik. 

Beberapa sumber juga menyebutkan bahwa banyak orang Tegal yang bekerja sama dengan pemerintahan Jepang saat itu. Karena alasan ini, Tegal menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki bangunan-bangunan peninggalan Jepang dan memiliki sejarah yang erat dengan kebudayaan Jepang. Oleh karena itu, Tegal kemudian disebut sebagai "Jepangnya Indonesia".

Dijuluki sebagai Jepangnya Indonesia. Sebab kota dengan jumlah penduduk sebanyak 276.734 jiwa ini mempunyai beberapa industri pengecoran dan pengerjaan logam yang sengaja dibangun pada 1940 untuk mencukupi kebutuhan peralatan perang bagi tentara Jepang.

Selain dikenal memiliki kreativitas tinggi, masyarakat Tegal juga terkenal handal di bidang industri logam untuk alat-alat pertanian, onderdil motor dan mobil atau bahkan perhiasan. Semua itu dapat tercipta dari tangan-tangan dingin nan kreatif masyarakatnya.

BACA JUGA: 5 Warung Sate Kambing Muda di Tegal yang Gak Pernah Sepi, Rasanya Bikin Pengin Mampir Tiap Hari

BACA JUGA: Pas buat Hangout! Cafe di Tegal Ini Punya Vibes yang Bikin Pikiran Tenang, Yuk Mampir!

Sumber: