7 Cara Agar Rangka Motor Awet dan Tetap Prima untuk Pemakaian Jangka Panjang

7 Cara Agar Rangka Motor Awet dan Tetap Prima untuk Pemakaian Jangka Panjang

7 cara agar rangka motor awet tahunan-freepik-

3. Hindari Paparan Cuaca Ekstrem 

Cara agar rangka motor awet tahunan jika memungkinkan yaitu parkirlah di tempat yang sejuk dan aman. Taruh motor agar terlindung dari hujan, sinar matahari langsung atau cuaca ekstrem lainnya.

Jika motor terpaksa terkena hujan atau basah, pastikan untuk segera membersihkannya dan mengeringkannya. Air hujan bisa rentan membuat motor korosi.

BACA JUGA: Panduan Lengkap Cat Velg Motor Sendiri, Hasil Bagus dan Lebih Hemat

4. Cek dan Ganti Oli secara Rutin 

Cara membuat rangka motor tahan lama yaitu cek dan ganti oli secara rutin. Oli yang baik dan bersih tidak hanya membantu menjaga mesin tetap berfungsi dengan baik, namun juga dapat melindungi bagian-bagian metal dari korosi. 

Maka dari itu, pastikan Anda mengganti oli sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan oleh pabrikan. Rutin ganti oli juga bisa menghindari masalah-masalah pada mesin seperti penurunan performa.

5. Periksa dan Perbaiki Kerusakan xecara Tepat 

Cara agar rangka motor awet tahunan selanjutnya yaitu cek dan perbaiki kerusakan yang benar. Apapun kerusakan atau retak kecil pada rangka motor, segera perbaiki dengan mengguntingnya atau melakukan pengelasan jika diperlukan. 

 

Kerusakan kecil yang dibiarkan tidak teratasi bisa membuat kondisi rangka motor buruk seiring waktu. Jika Anda kurang paham melakukannya sendiri, segera bawa ke bengkel resmi.

BACA JUGA : Motor Matic Tidak Bisa Distarter atau Diengkol? Jangan Buru-buru Panik, Begini Solusinya

6. Perawatan Berkala 

Jangan lupa lakukan perawatan secara berkala pada rangka motor. Mulai dari bagian-bagian yang terhubung dengan rangka, seperti suspensi, rem, dan sistem kemudi. Perawatan yang rutin akan membantu mencegah kerusakan pada rangka motor.

Sumber: