7 Tradisi Unik di Tegal yang Masih Populer, Salah Satunya Tarian Bernuansa Magis

7 Tradisi Unik di Tegal yang Masih Populer, Salah Satunya Tarian Bernuansa Magis

Mengenal 7 Tradisi Unik di Tegal yang masih Populer sampai saat ini--

RADAR TEGAL - Mengenal tradisi unik di Tegal dengan serangkaian kebiasaan, praktik, atau ritual yang diwariskan dari generasi sebelumnya. Tradisi ini mencakup berbagai aspek kehidupan, seperti agama, budaya dan perayaan.

Berbicara mengenai tradisi unik di Tegal ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui saat berkunjung di Kota bahari. Adat istiadat budaya ini menarik untuk kita lestarikan dan kita jaga bersama.

Tradisi unik di Tegal yang telah lama berkembang hingga saat ini, ternyata memiliki filosofi yang cukup mendalam. Utamanya, tentang pengharapan kepada Tuhan Yang Maha Esa bagi sang anak dan berbagi terhadap sesama.

Berikut kami bagikan tradisi unik di Tegal yang membuat kita bernostalgia dengan adat istiadat zaman dahulu yang masih esksis sampai sekarang. Baca sampai selesai ya.

BACA JUGA: Rahasia Kebersamaan dan Tradisi Moci di Tegal, Warisan yang Sudah Melegenda Sejak Abad ke-17

Tradisi unik di Tegal dan sekitarnya

1.  Mudun Lemah

Tradisi Mudun Lemah merupakan salah satu tradisi unik di Tegal yang menarik ritual ini yang dilakukan ketika bayi mencapai usia satu tahun di Tegal.

Dari ritual ini melibatkan pemberian bubur candil dan bubur sumsum kepada warga sekitar, serta berbagai barang simbolis seperti kaca, emas, buku, dan padi.

2. Unggah-unggahan

Salah satu Tradisi yang tak kalah unik di wilayah Tegal-Brebes, terdapat tradisi unggah-unggahan yang menjadi bagian dari tradisi ruwahan.

Dari tradisi ini mengajarkan nilai-nilai solidaritas dan kepedulian sosial dalam menjalin hubungan antaranggota masyarakat. Dengan saling berbagi, masyarakat Tegal memperkuat ikatan sosial dan memperkaya pengalaman kehidupan bersama-sama.

BACA JUGA: Asal Usul Tradisi Sintren Tegal, Kesenian Lokal yang Dikenal Kental dengan Nuansa Mistis

3. Mutih

Sumber: