3 Tradisi Terunik di Indonesia yang Banyak Mencuri Perhatian, Salah Satunya Diadakan Satu Tahun Sekali

3 Tradisi Terunik di Indonesia yang Banyak Mencuri Perhatian, Salah Satunya Diadakan Satu Tahun Sekali

3 Tradisi Terunik di Indonesia yang Banyak Mencuri Perhatian, Salah Satunya Diadakan Satu Tahun Sekali pict-istockphoto--

Pasola sendiri dianggap sebagai tradisi untuk menyambut perayaan siklus panen padi, dimana masyarakat setempat mempercayai akan mendatangkan banyak keberuntungan dan sebagai raya syukur karena telah diberkahi hasil panen yang melimpah.

Walaupun tradisi ini terlihat menyeramkan dan menegangkan, akan tetapi perayaan yang berlangsung tersebut dianggap sebagai bentuk kepercayaan terhadap nilai-nilai spiritual di dalamnya. Selain itu, adanya tradisi ini juga dianggap sebagai perwujudan keberanian dalam menghadapi tantangan kehidupan.

3. Bau nyale

Ketiga, tradisi terunik di Indonesia akan kami ahas terakhir bernama Bau nyale. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat Sasak di Lombok sekitaran Pantai Selatan dengan menangkap nyale yang merupakan cacing berwarna warni.

BACA JUGA: Mengenal 9 Adat Istiadat Tegal yang Unik dan Mengagumkan, Nomor 6 Terkenal Banget

Masyarakat mempercayai bahwasannya cacing berwarna warni ini adalah sebuah penjelmaan Putri Mandalika, dimana Nyale sendiri dikatakan sebagai tubuh putri tersebut  yang telah dikorbankan oleh dewa dengan tujuan memadamkan api gunng berani yang pada saat itu telah mengancam kerajaan.

Akan tetapi setelah dikorbankan tersebut, tubuh dari putri ini malah berubah menjadi cacing laut dan kemudian disantap oleh masyarakat sekitar. Sampai sekarang tradisi ini masih dilakukan oleh masyarakat dengan tujuan memperoleh keberuntungan.

Ayo kita bersama-sama terus menjaga keberagaman budaya dan tradisi negara Indonesia, serta terus memperkenalkannya kepada anak cucu kita agar tidak punah. Nah itu dia tadi pembahasan artikel dari radar tegal dengan judul 3 tradisi terunik di Indonesia yang banyak mencuri perhatian orang untuk menikmatinya juga.

Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: