Ketahui Tips Agar Motor Irit Bensin, Salah Satunya Jangan Lewati Jalan Rusak!

Ketahui Tips Agar Motor Irit Bensin, Salah Satunya Jangan Lewati Jalan Rusak!

Tips Agar Bensin Motor Irit.--

RADAR TEGAL – Bagi beberapa orang berkendara menggunakan sepeda motor sangat menyenangkan apalagi jika motor  yang digunakan sangat hemat listrik. Berikut ini tips agar bensin motor irit.

Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor. Maka perlu mengetahui bagaimana tips agar bensin motor irit di bawah ini, ya.

Dengan mengetahui tips agar bensin motor irit berikut ini. Maka pengeluaran Anda lebih ringan dan tidak akan menguras dompet Anda.

Langsung saja, berikut ini radartegal.id jelaskan mengenai tips agar bensin motor irit. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan wisata  dengan jarak cukup jauh atau pun yang ingin melakukan mudik, maka simak ulasan ini sampai selesai, ya.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Shockbreaker Motor Rembes dan Solusinya, Biar Kembali Bisa Digaspol

Tips Agar Bensin Motor Irit

1. Periksa tekanan angin dan jangan lupa untuk merawat mesin motor

Tahukah Anda bahwa tekanan angin pada motor  yang sesuai akan membuat pengendari jadi lebih mudah untuk melakukan kontrol seperti pada saat melewati tanjakan, belokan, atau pun turunan. Faktanya, tekanan angin pada ban motor juga berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar motor yang semakin irit, lho.

Hal ini karena, ketika ban motor Anda kempes maka akan membuat motor sulit untuk dikendalikan dan tenaga yang diperlukan untuk melaju pun tentu akan lebih besar.

Sedangkan untuk perawatan mesin motor, ada baiknya Anda memasikan filter udara  pada motor bersih dan penggantian oli secara rutin, ya.

Sebab, kombinasi antara mesin yang terawat serta tekanan angin pada ban motor Anda pas, dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih seru. Serta dapat menjaga konsumsi bahan bakar yang cukup efektif (tidak berlebih).

BACA JUGA: 5 Tips Anti Rem Blong, Cara Mengerem Motor Matic di Turunan yang Benar

2. Perhatikan kecepatan berkendara Anda (stabil)

Tips agar bensin motor irit selanjutnya yakni perlu memperhatikan kecepatan berkendara supaya tetap stabil. Diketahui, dengan Anda mengubah kecepatan berkendara secara tiba-tiba dari kencang ke pelan atau pun sebaliknya, akan membuat motor Anda menjadi boros bahan bakar.

Ada baiknya Anda berkendara dengan kecepatanyang stabil, karena selain membuat  irit bahan bakar penggunaan bensin juga dapat meningkatkan berkendara di jalan.

3. Tidak memanaskan motor injeksi

Tahukah Anda bahwa ternyata memanaskan motor di pagi hari sebelum digunakan justru kurang efektif untuk jenis motor injeksi, lho. Apabila Anda pengguna motor injeksi, maka langsung saja mengendarai motor sesaat setelah mesin dinyalakan, ya.

Cara tersebut dapat menghemat penggunaan bensin dan efektif untuk mencapai temperatur yang diperlukan kendaraan secara normal.

BACA JUGA: Penyebab Stang Motor Tidak Stabil dan Goyang Terasa Mau Jatuh, Begini Solusinya

4. Jangan melewati jalan rusak

Tidak melewati jalan rusak, berlubang, atau pun tanjakan yang curam diketahui dapat menghemat bensin, lho. Jadi, lebih baik memilih jalan yang rata dan tidak rusak, ya.

5. Tidak memaksa motor membawa beban di luar batas

Membawa beban di luar batas ternyata dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada motor. Jadi, semakin berat beban yang dibawa maka konsumsi bahan bakarnya juga akan semakin besar.

Hal tersebut dapat dijelaskan bahwa mesin motor terpaksa bekerja lebih keras dari[ada  standarnya pada saat membawa muatan di luar batas.

Umumnya, sepeda motor didesain untuk berboncengan dua. Apabila Anda memakasanya  untuk berboncengan lima, maka akan membuat boros bensin dan dapat mengakibatkan keselamatan berkendara di jalan raya.

BACA JUGA: Aki Motor Cepat Soak Padahal Masih Baru? Ini Penyebab dan Solusinya

Demikian ulasan mengenai tips agar bensin motor irit. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: