Rincian Biaya Servis Mobil Matic, dari Dasar Sampai Perbaikan Komponen Rusak Plus Tips Hemat Pengeluaran

Rincian Biaya Servis Mobil Matic, dari Dasar Sampai Perbaikan Komponen Rusak Plus Tips Hemat Pengeluaran

Rincian Biaya Servis Mobil Matic Servis Dasar Sampai Perbaikan Komponen Rusak Plus Tips Hemat Pengeluaran --Image Edit Using CorelDraw|Dimas Adi Saputra

Untuk biaya perbaikan pada komponen mobil matic yang mngalami kerusakan umumnya sangat bervariasi. Hal ini tergantung dari bagian atau komponen mana pada mobil tersebut yang mengalami kerusakan.

Apabila komponen yang rusak adalah kampas kopling dan seal matic, maka biaya perbaikannya bisa sangat besar. Sedangkan untuk kerusakan pada overhaul tranmsisi matic, biaya perbaikannya bisa mencapai Rp5 juta.

Tips menghemat biaya servis mobil matic

Biaya servis dari mobil ini apabila ditotal keseluruhan memang sangat mahal, bahkan lebih mahal dibandingkan mobil manual. Namun, dengan mengikuti beberapa tips berikut, Anda bisa menghemat pengeluaran biaya servis;

1. Lakukan Servis Rutin Hanya Pada Bengkel Terpercaya atau Resmi

Pilihlah bengkel yang menurut Anda dan orang lain amanan serta sudah memiliki reputasi yang baik dalam menangani mobil. Selain itu, pastikan juga bengkel tersebut menggunakan sparepart asli dan berkualitas.

BACA JUGA: Toyota Avanza Veloz 2024, Mobil MPV Terbaru dengan Fitur-fitur Canggih dan Harga Kompetatif

Anda juga bisa memanfaatkan promo dan diskon yang biasanya ditawarkan oleh bengkel-bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia.

2. Lakukan Perawatan Preventif

Biasakan untuk memanaskan mobil sejenak minimal  5 sampai 10 menit sebelum digunakan. Biasakan juga untuk menghindari cara mengemudi yang agresif seperti sering tancap gas dan rem mendadak.

Periksakan kondisi oli mobil matic secara dan gantilah sesuai dengan anjuran pabrikan. Penting juga untuk menggunakan oli matic yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

3. Lakukan Perbaikan Kecil Sendiri

Selain 2 tips diatas untuk menghemat biaya servis mobil matic, Anda juga bisa melakukan beberapa perbaikan kecil sendiri agar lebih hemat seperti;

  • Ganti oli mesin
  • Ganti filter udara
  • Bersihkan busi
  • Periksa tekanan angin ban.

BACA JUGA: Tips Membeli Toyota Rush Bekas Tahun Berapapun, Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Namun, perlu diingat bahwa untuk melakukan beberapa perbaikan kecil di atas, minimal Anda sudah memiliki pengetahuan dasar mobil dan keterampilan yang cukup.

Sumber: